Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Agus Fariady  mengatakan,  desa merupakan tempat sumber daya pangan, wisata, serta sumber daya manusia yang dapat dikelola dan dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Agus mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui DPMD Kalsel menggelar Lomba BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 dalam rangka meningkatkan kinerja BUMDes. 

“Kita ketahui dari 1426 BUMDes yang ada di Kalsel hanya sekitar 25 persen aktif, untuk meningkatkan keaktifannya kita adakan pemilihan BUMDes terbaik, harapannya dari yang terbaik tersebut dapat menularkan prestasi-prestasi yang dicapai kepada BUMDes yang lain,” ujar Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Agus Fahriady, saat melaksanakan Penilaian BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 di Kabupaten Tanah Laut, Senin (8/3).

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Laut  Ary Setyawan Hiung mengungkapkan,  ada empat jumlah BUMDes di Tanah Laut masuk kriteria perlombaan.

“Dari seratus BUMDes tiga belas diantaranya memberikan kontribusi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), lalu atas dasar analisa didapat empat BUMDes yang memenuhi kriteria untuk diikutsertakan dalam ajang lomba,” ungkapnya.

Ary berharap, dari empat BUMDes yang diikutsertakan dalam lomba tersebut yaitu, BUMDes Maju Bersama dari Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, BUMDes Karya Jaya dari Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari, BUMDes Marlin Jaya dari Desa Swarangan Kecamatan Jorong dan BUMDes Berkah Mulia dari Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap dapat menjadi BUMDes terbaik pada lomba tersebut.

“Semoga empat BUMDes menjadi yang terbaik dan memberikan motivasi BUMDes yang lain khususnya yang ada di Kabupaten Tanah Laut,” tambahnya.

Diinformasikan Penilaian BUMDesa Terbaik Tingkat Provinsi Kalsel melalui dua tahap. 

Tahap pertama seleksi Dokumen Administrasi dengan didukung video profil BUMDes yang sebelumnya telah dikirimkan pada tanggal 8 maret 2021 kepada Dinas PMD Provinsi Kalsel dan dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 18 Februari 2021. 

Tahap kedua kunjungan lapangan ke BUMDesa serta pemeriksaan dokumen asli. 

Pemenang Lomba BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 akan di umumkan sebelum bulan Juni 2021. 

Bagi pemenang lomba akan diundang pada gelaran Expo tingkat Provinsi Kalsel.
 
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Penilaian BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 di Kabupaten Tanah Laut, Senin (8/3).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021