Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi secara resmi melantik pengurus TP PKK Kabupaten HST masa bhakti 2021-2024 di Auditorium kantor Bupati setempat, Senin (8/3).

Sesuai dengan lampiran Surat Keputusan Bupati HST yang bernomor 410/79/411.4/Tahun 2021, susunan pengurus TP PKK Kabupaten HST adalah sebagai berikut:

1. Ketua : Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi
2. Wakil Ketua I : Hj Fauziah Hasby Mansyah Saberi
    Wakil Ketua II : Faridah
    Wakil Ketua III : Hj Elly Rahman
    Wakil Ketua IV : Noorsofiah
3. Sekretaris : Fatmawati
     Wakil Sekretaris : Yusna Efriliyani
4. Bendahara : Siti Rahmiani
     Wakil Bendahara : Lily Rohani 
5. Kelompok Kerja I
    Ketua : Hj Nur Asiah
    Wakil Ketua : Yulerisna 
    Sekretaris : Annisa
    Anggota : Sapriah
6. Kelompok Kerja II
    Ketua : Nurlisnawati
    Wakil Ketua : Eka Wydiawati
    Sekretaris : Fakhrina Mahfuziah
    Anggota : 1. Norbiati 2. Sumiati
7. Kelompok Kerja III
    Ketua : Amperawati
    Wakil Ketua : Erwinna Juliati
    Sekretaris : Fitria
    Anggota : 1. Jubaidah 2. Melysa
8. Kelompok Kerja IV
    Ketua : Hj Masitah
    Wakil Ketua : Arbainnah
    Sekretaris : Sri Wahyuni
    Anggota : 1. Halimah 2. Sari Salasiah

Bupati HST H Aulia Oktafiandi menyampaikan, PKK dihimbau untuk mendukung program Pemerintah Daerah sesuai dengan potensi daerah serta kondisi terkini.

Terlebih dalam situasi pandemi global seperti ini, di mana tidak ada kepastian atas kondisi selanjutnya.

"Pandemi ini membuka pintu persoalan kesehatan, perekonomian, pendidikan, sosial sampai spiritual berbagai isu seperti lingkungan, perempuan dan anak, juga disabilitas, perlu dikelola secara khusus," katanya.

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan berdasarkan sepuluh program PKK dalam situasi pandemi ini, khususnya saat kabupaten kita masih tengah berbenah pasca terjadinya bencana banjir yang melanda pada  januari lalu. 

"Ketika tanggung jawab diletakkan di pundak kita, maka kita tidak akan kehabisan jalan untuk melahirkan kebaikan. segenap pengurus PKK harus bekerja sama dalam tim yang solid.

Karena membutuhkan energi besar untuk mengatasi persoalan dan menciptakan perubahan. semua harus selaras, bersinergi dan efektif dalam rangka mewujudkan masyarakat HST yang sejahtera, unggul dan dinamis," katanya.

Sementara, Ketua TP PKK HST Cheri Bayuni Budjang menyampaikan, tantangan yang akan dihadapi dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga, makin hari tampaknya akan bertambah berat.

Terutama dampak yang muncul akibat adanya pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir.

Serta dampak akibat terjadinya bencana banjir yang melanda Kabupaten HST pada Januari lalu, secara langsung maupun tidak langsung akan melemahkan ketahanan ekonomi keluarga.

"Sementara itu, permasalahan yang terkait angka kematian ibu dan bayi, permasalahan stunting dan kasus gizi buruk serta masih tingginya angka kelahiran, masih menjadi PR kita bersama," kata Cheri.

Selanjutnya Tim Penggerak PKK diharapkannya mampu merencanakan program pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga yang terukur dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baik dalam pembinaan dan pengembangan program PKK yang sudah berjalan, maupun dalam membuat gagasan program baru untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

"Mudah-mudahan dengan pelantikan ini, seluruh pengurus memiliki tekad yang kuat dan kesungguhan dalam melaksanakan program Pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga. "Sehingga kita turut  berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan keluarga di daerah ini," katanya.

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri, Wakil Ketua I TP PKK Kab HST Hj Fauziah Hasby Mansyah Sabri, Ketua Dharma Wanita Persatuan HST, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana HST, Ketua Bhayangkari HST, Ketua Adyaksa Dharma Karini HST dan Para Pengurus TP PKK HST.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021