Bupati Balangan Abdul Hadi membuka pelaksanaan  MTQ XIV tingkat kecamatan yang digelar di Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan.

Abdul Hadi menginginkan gelaran MTQ ini menjadi sarana regenerasi, peningkatan dan kemampuan dalam tilawatil Qur'an di Kabupaten Balangan khususnya.

"Dengan peningkatan kemampuan tilawatil Qur'an, kami berharap akan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Balangan," katanya Jumat (5/3/2021).

Ia berharap, para kafilah atau para tilawah tidak cepat berpuas diri dengan prestasi tingkat kabupaten dan provinsi saja, namun dapat meraih prestasi hingga tingkat nasional bahkan internasional.

Bupati berpesan, khusus kepada para kafilah utamanya para peserta yang akan unjuk kemampuan, agar betul-betul menjaga dan menjalankan protokol kesehatan, karena saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

“Saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Jaga sikap profesional, tetap menjunjung tinggi sportivitas dan mengedepankan semangat persaudaraan,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Camat Batumandi juga sebagai ketua umum panitia MTQ Nasional ke XIV tingkat Kabupaten Balangan tahun 2021, Husni menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan MTQ kali ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang dimaksud, tambah  Husni, adalah pelaksanaan 5M di antaranya mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Untuk pelaksanaan sendiri, lanjut Camat Batumandi, diikuti sebanyak 249 orang dengan jumlah cabang lomba delapan cabang.

“Pelaksanaan lomba digelar dibeberapa tempat terpisah serta hanya dalam ruangan. Begitu juga dengan pemondokan kafilah dibagi sedemikian rupa agar tetap menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Ia pun berharap melalui MTQ yang berlangsung hingga 8 Maret 2021 ini, dapat memberikan manfaat bagi para peserta. Terutama meningkatkan kemampuan mereka.

Pembukaan kegiatan MTQ XIV yang melibatkan delapan kecamatan di Balangan ini dihadiri oleh Kemenag Balangan M Yamani serta beberapa undangan lainnya dari jajaran Forkopimda Kabupaten Balangan dan kepala SKPD Kabupaten Balangan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021