Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Pendaftar calon Gubernur Kalimantan Selatan melalui Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan tingkat provinsi setempat, hingga empat hari pembukaan pendaftaran, baru dua orang yang mendaftarkan diri.

"Sejak pembukaan pendaftaran calon gubernur (cagub) Kalsel, 19 Januari 2015 hingga saat ini, baru dua orang yang mendaftarkan diri melalui partai politik (parpol) kami," ujar Sekretaris DPW PPP provinsi setempat Asbullah, di Banjarmasin, Kamis.

Ia menerangkan, dua orang yang mendaftar cagub pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2015 melalui DPW PPP itu dr HM Zairullah Azhar, mantan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel dua periode dan kini Ketua DPW PKB provinsi setempat.

"Bahkan informasi dari Sekretariat DPW PPP Kalsel, mantan Bupati Tanbu yang kini Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI tersebut sudah mengembalikan formulir pendaftaran," tutur Asbullah yang juga Wakil Ketua DPRD provinsi itu.

Selain itu, yang mendaftar sebagai cagub melalui PPP, yaitu H Sahbirin Noor, seorang pengusaha terkenal di "Bumi Bersujud" Tanbu atau mantan sekretaris salah satu kecamatan di Kota Banjarmasin.

"Kabarnya memang banyak yang mau mencalon Gubernur Kalsel pada Pilkada 2015, tapi yang mendaftar melalui PPP sampai saat ini, baru dua orang. Tapi masih ada kesempatan satu hari lagi, karena penutupan pendaftaran 23 Januari 2015," katanya.

"Mungkin besok ada tambahan yang mendaftar cagub Kalsel melalui PPP. Karena kami membuka kesempatan pendaftaran dan sekaligus mengembalikan formulir pendafataran sampai pukul 24.00 Wita," lanjutnya.

Ia menjelaskan, DPW PPP Kalsel hanya bersifat penjaringan melalui pendaftaran, yang cuma memverifikasi kelengkapan administrasi calon tersebut. "Sedangkan keputusan terakhir berada pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP," demikian Asbullah.

Dari informasi yang berkembang di masyarakat Kalsel, ada sejumlah orang yang juga mau mencalon gubernur provinsi setempat untuk periode lima tahun mendatang, antara lain Sultan H Khairul Saleh, kini Bupati Banjar, Kalsel.

Selain itu, H Adriansyah, mantan Bupati Tanah Laut (Tala), Kalsel dua periode, yang kini Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan provinsi setempat dan anggota Komisi IV DPR-RI.

Kemudian H Muhidin, kini Wali Kota Banjarmasin yang akan ikut Pilkada Kalsel 2015 melalui jalur independen atau perseorangan.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015