Bupati Hulu Sungai Selatan  (HSS) H. Achmad Fikry membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun 2021, Kodim 1003/Kandangan di wilayah Kabupaten HSS, bertempat di makodim setempat.

Ia mengatakan, mengapresiasi kegiatan TMMD karena merupakan suatu kegiatan yang positif, dalam membangkitkan semangat gotong royong masyarakat.

“TMMD selama ini telah banyak bantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi dan bantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya, Selasa (2/3).

Ia mengajak masyarakat yang menjadi bagian dari TMMD agar tidak hanya menjadi bagian, namun juga membantu kelancaran dari kegiatan tersebut.

Pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan, bertujuan agar masyarakat merasa bertanggung jawab dan merasa memiliki pembangunan itu sendiri.
 


Baca juga: Wabup HSS ikuti rakornas virtual pengendalian karhutla tahun 2021

Dandim Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, mengatakan TMMD ini nantinya akan dilaksanakan di Dusun Pariangan, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung.

Dijelaskan dia, kegiatannya sendiri akan dilakukan pada sasaran fisik dengan memprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana, fasilitas umum.

"Di antaranya rehabilitasi badan jalan penghubung Dusun Pariangan dan Dusun Malilingin sepanjang 1.300 meter dengan lebar enam meter, satu jembatan gelagar baja ukuran 5 x 6 meter, rehabilitasi musholla dan bedah rumah warga." katanya.

Sedangkan pada sasaran non-fisik, antara lain penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, pertanian, perikanan, penanggulangan bencana, desa pariwisata, tertib lalu lintas.

Juga KB kesehatan dan dampak pernikahan dini, serta bakti sosial untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas kehidupan sosial yang lebih maju.

Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah, mengatakan bahwa di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) yang melaksanakan kegiatan TMMD ada dua kabupaten, yakni  HSS dan Tabalong.

“TMMD ini harus mempunyai nilai guna yang memang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya, usai pembukaan TMMD.

Baca juga: Pemkab HSS siapkan dana Rp1,4 miliar sukseskan TMMD ke-110

Menurut dia, TMMD tentunya harus memiliki sifat bottom up atau dari bawah ke atas, sesuai dengan usulan dari masyarakat yang ada.

Dari masyarakat dibantu pembangunannya, dan masyarakat pula yang akan merasakan pembangunan itu sendiri dan agar dapat membuka daerah yang terisolir, sehingga bisa meningkatkan percepatan kesejahteraan masyarakat.

Pembukaan dirangkai dengan penandatangan dan penyerahan berita acara serah terima program TMMD ke-110 dengan mengusung tema ”TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” Bupati HSS kepada Dandim 1003 Kandangan.

Kemudian penandatangan dan penyerahan naskah perjanjian hibah daerah antara Pemerintah Provinsi Kalsel diwakili Kepala Dinas PMD Kalsel Zulkifli dengan Dandim 1003 Kandangan dengan disaksikan Bupati HSS dan Danrem 101/Antasari.

TMMD nantinya akan dilaksanakan di Dusun Pariangan, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, dan usai pembukaan TMMD, Bupati HSS lanjut meninjau ke lokasi pelaksanaan TMMD bersama Danrem 101/Antasari serta rombongan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021