Dibukanya Program Prakerja gelombang 12 tanggal 23 Februari 2021 kemarin  oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Yayasan Sapta Bangun Persada (YSBP) group menggandeng Platform yang telah lolos Manajemen Pelaksanan Program (PMO) Prakerja, yaitu  CKI Center.

Ketua YSBP, Slametno, di Paringin, Kamis (25/2), mengatakan kerjasama yang dilakukan YSBP dan CKI Center ini untuk mensukseskan program Prakerja di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengingat tidak ada satu pun Lembaga Kursus dan Pelatihan Kerja di Kalsel yang lolos Seleksi PMO Prakerja.

"Tujuan utama dari kerjasama ini adalah membantu calon pengakses kartu prakerja yang mengalami kendala, baik saat mendaftar kartu prakerja, mengikuti pelatihan  dan pasca pelatihan prakerja," katanya, dalam keterangan melalui sambungan telepon.

Dijelaskan dia, untuk mempermudah pendampingan, YSBP telah merangkumnya dalam webiste www.ysbp.or.id pada menu Pendaftaran Prakerja Online  via YSB – kampuscki dalam empat langkah.

YSBP gandeng Platfrom CKI Center laksanakan Prakerja (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: YSBP Gandeng LSP Komputer selenggarakan prakerja online berkualitas

Langkah pertama, Daftar Kartu Prakerja jika belum memiliki, peserta akan diarahkan ke halaman website resmi prakerja yaitu https://www.prakerja.go.id/ untuk melakukan pendaftaran.

Langkah kedua, berisi  video tutorial mengikuti pelatihan prakerja, peserta akan diarahkan ke halaman website youtube untuk mendapatkan video tutorial “Tutorial Mengaktifkan Kelas Prakerja di Website Kampuscki.com”.

Ketiga, link mengikuti pelatihan di kampuscki.com, peserta di sini akan diarahkan ke halaman website https://kampuscki.com/ untuk mengikuti pelatihan gratis prakerja dengan pilihan 33 Jenis pelatihan prakerja.

Dan keempat, Lapor mengikuti pelatihan untuk dapatkan cash back dan Doorprice, masyarakat yang telah mengikuti pelatihan prakerja YSBP - CKI Center diarahkan mengisi google form pendataan calon penerima cash back 10 persen.

"Cashback tersebut berasal dari biaya pelatihan yang telah masuk ke platform digital prakerja  https://kampuscki.com/, serta undian doorprize yang disediakan oleh YSBP dan CKI Center," katanya.

Menurut dia, dengan mengikuti pelatihan kartu prakerja program kerjasama YSBP – CKI Center, maka peserta akan menerima manfaat lebih daripada mengikuti pelatihan prakerja  platform digital lainnya.

YSBP gandeng Platfrom CKI Center laksanakan Prakerja (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Hadapi era revolusi industri 4.0, YSBP kembangkan "Blended Learning"

Manfaat tersebut seperti, peserta bisa konsultasi langsung dengan admin perwakilan platform di 12 kabupaten atau kota, jika ada kendala baik mulai pendaftaran, pelatihan sampai pasca pelatihan prakerja.

Peserta mendapatkan cash back 10 persen dari biaya pelatihan yang telah dibayarkan ke platform sebagai bentuk kepedulian disaat pandemi Corona ini, serta peserta berkesempatan dapatkan doorprize yang disediakan oleh YSBP dan CKI Center, dalam upaya mendorong semangat masyarakat untuk mengikuti program prakerja.

"Untuk admin perwakilan platform Kalsel terdapat di Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Utara, Kab. Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Kota Banjabaru dan Kabupaten Tanah laut," katanya.

Ditambahkan dia, menjamin keamanan dan kerahasiaan data peserta prakerja program kerjasama YSBP – CKI Center ini, dan diharapkan program ini bermanfaat bagi masyarakat Kalsel khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

YSBP gandeng Platfrom CKI Center laksanakan Prakerja (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021