Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - Partai Bulan Bintang (PBB) Kalimantan Selatan, mendukung Sultan H Khairul Saleh untuk gubernur provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota dan kini berpenduduk mencapai empat juta jiwa tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Kalimantan Selatan (Kalsel) H Pangeran Ibrahim mengemukakan itu, di sela-sela pertemuan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) provinsi tersebut di Hotel Novotel Banjarbaru, Sabtu.

"Kita akan minta keluarga besar bulan bintang di provinsi ini agar mendukung Khairul Saleh (kini Bupati Banjar, Kalsel) pada pemilihan gubernur mendatang atau yang dijadwalkan akhir 2015,," lanjutnya.

Mantan anggota DPRD Kalsel dari PBB itu menyatakan, tahu diri partainya tak bisa berbuat banyak dalam pemilihan kepala daerah, karena hasil pemilihan umum (Pemilu) legislatif 2014 gagal mendapat kursi di lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut.

"Walau massa PBB tak begitu besar, tapi bisa menjadi penentu terhadap kemenangan seseorang dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada. Oleh sebab itu, keliru kalau menggap PBB kecil," ujar pengusaha muda yang menyandang gelar sarjana hukum Islam itu.

Sedangkan alasan mendukung Sultan Khairul Saleh sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada Kalsel mendatang, dia memberi jawaban singkat, yaitu karena berpengalaman dua periode menjadi Bupati Banjar, Kalsel.

Selain itu, sejumlah prestasi yang dia dapat selama sepuluh tahun menjadi orang nomor satu di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) Banjar, lanjutnya menjawab Antara Kalsel lewat telepon selular.

"Oleh sebab itu, tanpa mengecilkan figur lain yang mencalonkan diri, maka tidak salah pula kalau PBB menjatuhkan pilihan kepada Ketua ICMI dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesiaa (IPHI) tingkat provinsi ini sebagai Gubernur Kalsel," demikian Ibrahim.

Sementara dari pantauan sampai saat ini, setidaknya ada lima orang yang mau mencalon Gubernur Kalsel untuk periode lima tahun mendatang masing-masing Sultan H Pangeran Khairul Saleh, serta H Gusti Faried Hasan Aman (anggota DPD-RI dua periode asal Kalsel).

Selain itu, H Sahbirin, seorang pengusaha dan mantan sekretaris kecamatan di Kota Banjarmasin, serta H Adriansyah, kini anggota DPR-RI dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tingkat provinsi setempat, serta mantan Bupati Tanah Laut, Kalsel dua periode.

Kemudian dr HM Zairullah Azhar, kini anggota DPR-RI dan Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tingkat provinsi tersebut, serta mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalsel dua periode dan mantan aktivis organisasi kepemudaan.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015