Produsen semen merk Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tarjun, aktif melibatkan diri dalam membangun daerah di Kabupaten Kotabaru, melalui program corporate social responsibility (CSR) atau yang lainnya.

"Beberapa program strategis yang telah kami kerjakan dalam mendukung program pemerintah daerah, seperti, bidang kesehatan dimana masih fokus pada bantuan perlengkapan APD kesehatan, pembagian masker, sosialisasi 5M, bantuan sembako, dan lain sebagainya," kata tim CSR Indocement Tarjun, Fadlianor dan Agus Rifani.

Bidang pendidikan, seperti, menyiapkan sumber daya manusia berkualitas dan terampil melalui fasilitasi anak-anak magang dari desa binaan di bidang mesin dan las.

Training secara virtual kepada siswa di lima SMK sesuai MoU, pemberian beasiswa kepada siswa dengan orang tua kurang beruntung di desa-desa mitra, pemberian honor guru, peningkatan SDM dan manajemen tata kelola, lingkungan untuk pengelola wisata.

"Prinsipnya apa yang telah dilakukan oleh Indocement tentunya dalam rangka partisipasi peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia yang mandiri dalam kemajuan pembangunan di daerah dan itu akan terus dilakukan,” jelasnya, dalam siaran pers.

Khusus destinasi wisata Goa Lowo, ada beberapa peningkatan yang dilakukan Indocement, misalnya, peningkatan bidang ekonomi kreatif dengan memunculkan pelaku-pelaku UKM dilingkungan setempat, bantuan sarana ibadah, semenisasi, pendidikan bank sampah dan edukasi pengelolaan lingkungan lainnya.

“Selain itu, ada juga program lain yang menjadi perhatian misalnya, usaha perikanan, peternakan, peratanian hidroponik, sarang burung walet, pelatihan kepada para pelaku UKM, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya,” tambahnya.

Asissten pembangunan dan ekonomi Setda Kotabaru, H Akhmad Rivai, mengharapkan, program yang dilaksanakan seyogyanya sejalan dengan program pemerintah daerah dan tepat sasaran.

Anggota DPRD Kotabaru Awaludddin, memberikan apresiasi kepada PT. ITP Plant Tarjun atas segala upaya yang telah dilakukannya kepada masyarakat dalam rangka peningkatan SDM, ekonomi, infrastruktur dan lainnya sehingga dapat dijadikan contoh yang baik.

"Saya sangat apresiasi atas upaya yang telah dilakukan Indocement kepada masyarakat guna memberikan yang terbaik bagi pembangunan masyarakat yang berkarakter dan ikut berperan andil dalam kemajuan pembangunan khususnya di Kabupaten Kotabaru,” imbuhnya.

Pewarta: Imm

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021