Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Perusahaan Listrik Negara Cabang Kotabaru, Kalimantan Selatan, menargetkan dapat melayani pemasangan baru kepada calon pelanggan sebanyak 4.400 sambungan per tahun.


"Realisasinya periode 2014 PT PLN Kotabaru dapat melakukan penyambungan kepada pelanggan baru sebanyak 4.700 pelanggan, melebihi target 4.400 pelanggan," kata Manajer PT PLN Cabang Kotabaru Muhammad Rizlani, di Kotabaru, Rabu.

Dia menjelaskan, hingga pertengahan Januari 2015, pelanggan potensial atau daftar tunggu mencapai 3.016 calon pelanggan.

Jumlah tersebut, menurut Rizlani, bisa diselesaikan dengan waktu sekitar empat bulan saja. Akan tetapi karena setiap hari jumlah calon pelanggan terus bertambah, maka penyelesaian penyambungan baru tidak akan tuntas.

Terlebih untuk beberapa daerah di Kotabaru, dan Tanah Bumbu, ada yang perkembangan pemasangan baru cukup pesat.

Seperti, Serongga, Kelumpang Hilir, Cantung, Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru, dan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, serta beberapa daerah lainnya.

"Baru beberapa bulan kami ganti trafo, beberapa bulan kemudian trafonya sudah overload, karena pelanggan baru terus bertambah, sehingga trafo yang ada perlu diganti dengan kapasitas lebih besar," ujarnya.

PLN, ujar Rizlani, terpaksa memberlakukan kebijakan tidak akan melakukan penambahan pelanggan baru khusus di daerah tertentu, karena trafo dan daya yang tersedia terbatas.

Seperti, Semaras, Geronggang, Sungai Durian, Sengayam, Mulia Harjo, Sampanahan, Bungkukan, Pantai, Tarjun dan Hampang.

"Apabila daya sudah ditambah, dan trafo sudah diganti yang memiliki kapasitas besar, ada kemungkinan pemasangan kepada pelanggan baru untuk daerah tersebut bisa dilayani, tetapi selama belum ada penambahan daya dan pergantian trafo, maka PLN belum berani melakukan penambahan pelanggan," tutur dia.

Rizlani menambahkan, selama infrastruktur PLN tersedia, trafo yang ada masih mampu, daya masih lebih, dan jaraknya tidak lebih dari 50 meter, PLN Kotabaru akan terus melayani penyambungan pelanggan baru.

Akan tetapi, apabila salah satu dari syarat tersebut tidak terpenuhi, maka PLN belum berani melakukan pemasangan kepada pelanggan baru.

  Sementara itu, secara keseluruhan kapasitas mesin pembangkit yang ada di Kotabaru, sebesar 14,5 MW, untuk melayani sebanyak 129.148 pelanggan PLN Cabang Kotabaru.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015