Koordinator Bidang Kesehatan Fasyansus COVID-19 Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Amy Hasan mengatakan, dalam satu minggu terakhir ada 47 pasien yang dipulangkan. 

"Melihat kenyataan ini tren penderita COVID-19 mulai cenderung menurun,"ujar Amy  di Pelaihari, Selasa (26/2).

Sejak adanya surat edaran bupati yang memberikan waktu maksimal perawatan pasien Fasyansus 20 hari, terang dis, pasien Fasyansus banyak diizinkan pulang. 

Awalnya di bulan Januari, beber dia,  ada 136 pasien dirawat di Fasyansus, sedangkan data terkini pasien yang dirawat tinggal 55 orang.

"Penurunanannya cukup signifikan sejak adanya Surat Edaran Bupati Tanah Laut," ujarnya.

Beberapa upaya pengawasan ketat dilakukan menjadi faktor pendukung turunnya tren COVIF-19 di Kabupaten Tanah Laut, tegas Amy, seperti pengetatan aturan acara keluarga yang harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Upaya Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dikatakan Amy, akan bertambah sesuai arahan dari Pemerintah Pusat yaitu diberlakukannya Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dengan diterapkannya protokol kesehatan COVID-19 di beberapa desa di Kabupaten Tanah Laut. 

Amy mengimbau, kepada masyarakat juga akan bertambah menjadi 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi mobilitas.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021