Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina memberikan dua tantangan bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 tahun 2021.

"Hari ini 48 tahun usia PDAM Bandarmasih, sebuah usia yang tidak muda lagi, ulun (saya) memberikan challenge, tantangan kepada para direksi menjelang 50 tahun atau setengah abad," ujarnya di Banjarmasin, Senin.

Ibnu Sina bersama Wakil Wali Kota H Hermansyah memberikan tantangan itu saat menghadiri kegiatan syukuran HUT ke-48 PDAM Bandarmasih di Aula Kantor PDAM, Jalan A Yani KM 2, Banjarmasin Timur, Senin.

Menurut dia, tantangan pertama yang diberikannya pada PDAM Bandarmasih adalah meningkatkan pelayanan terbaik hingga menjadi juara di Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun tantangan kedua, ujar Ibnu Sina, menuntaskan permasalahan pelayanan distribusi air bersih ke wilayah Banjarmasin Barat.

Sebab, kata dia, masyarakat di Banjarmasin Barat masih banyak yang mengeluh karena distribusi air tidak tidak stabil.

"Dalam dua tahun ini jelang usia PDAM 50 tahun ini kita harus selesaikan hak warga Banjarmasin Barat untuk tidak lagi mengalami kesulitan air," tuturnya.

Sehingga warga di sana merata dapat merasakan derasnya suplai air bersih, ibarat kata Banjar itu "banyu kada bewayahan" (setiap saat air mengalir), ujar Ibnu Sina.

Sebagaimana dilaporkan Dirut PDAM Bandarmasih Ir H Yudha Ahmadi, pelayanan PDAM Bandarmasih sudah menjangkau hampir 100 persen wilayah kota ini.

Di mana pengembangan PDAM Bandarmasih untuk pelayanan bagi sekitar 150 ribu lebih rumah tangga di ibu kota provinsi ini, juga sebagian daerah tetangga terus dilakukan.

Menurut dia, tantangan terbesar bagi PDAM diusia yang ke-48 tahun pada 17 Februari ini adalah peremajaan pipa distribusi yang rata-rata sudah berusia tua.

"Secara bertahap ini sudah dilakukan, kita juga terus memperbaiki kualitas distribusi dan mutu air bagi pelanggan, kita pastinya bekerja keras untuk mewujudkan tantangan dari pak wali kota," ujar Yudha.

Pada syukuran HUT ke-48 PDAM Bandarmasih ini, turut digelar penyerahan hadiah kepada pelanggan teladan serta pegawai PDAM yang mengabdikan diri antara 10 hingga 30 tahun.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021