Warga Desa Kurau, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan yang kini masih terdampak banjir nampak begitu bahagia dan bersyukur Universitas Lambung Mangkurat (ULM) datang membantu.

"Alhamdulilah hari ini ada bantuan datang dari Universitas Lambung Mangkurat. Terima kasih pak rektor sudah berkunjung ke desa kami," ucap Dian Rifani (55), perwakilan warga yang menerima secara simbolis bantuan dari Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi, Sabtu.

Bertempat di Blok L Pasar Kecamatan Kurau Jalan Kencana RT 1 Desa Kurau, Rektor ULM memimpin rombongan yang membawa bantuan untuk warga terdampak banjir.
Ketua DWP ULM Hj Ermina Sutarto Hadi turut hadir menyerahkan bantuan ke warga terdampak banjir. (ANTARA/Firman)


Dian mengaku rumahnya masih tergenang ketika pasang air laut. Kondisi semakin parah manakala terjadi hujan deras.

"Jadi air masih pasang surut. Banjir di desa kami belum sepenuhnya hilang. Masih ada sebagian rumah tergenang yang posisinya lebih rendah," jelas buruh tani ini.

Warga lainnya Warni juga nampak gembira. Wanita ini mengaku langsung mendatangi Pasar Kecamatan Kurau ketika mengetahui adanya bantuan.

"Senang bisa mendapatkan bantuan apalagi langsung ketemu melihat pak rektor dan ibu yang sangat ramah menyapa kami," tutur wanita yang tinggal di Desa Kurau RT 1.
Warga Desa Kurau nampak senang menerima bantuan dari ULM. (ANTARA/Firman)


Sementara Kepala Desa Kurau Anang Kaderi mewakili warga menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada Rektor ULM dan rombongan.

"Kami bangga rektor sendiri hadir ke desa kami untuk memberikan bantuan. Terima kasih kami juga kepada Sekretaris Daerah Tanah Laut Dahnial Kifli yang berkenan menerimakan bantuan untuk dibagikan ke warga," katanya.

Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi mengatakan bantuan yang disalurkan berasal dari donasi Forum Rektor Indonesia (FRI) yang diinisiasi Wakil Ketua FRI HM Nasrullah Yusuf yang menggerakkan para rektor untuk terjun membantu dalam aksi kemanusiaan FRI Peduli.
Sekretaris Daerah Tanah Laut Dahnial Kifli menerima secara simbolis bantuan dari FRI yang diserahkan Rektor ULM. (ANTARA/Firman)


Sutarto selaku anggota Dewan Pertimbangan FRI menyerahkan bantuan Rp100 juta. Bantuan yang diserahkan terdiri dari uang tunai Rp70 juta dan Rp30 juta dalam bentuk barang yaitu sebanyak 200 paket berisi sarung, alat tulis, beras 5 kg, minyak goreng 1 liter dan gula 1 kg yang nilainya Rp150 ribu perpaket.

Selain bantuan dari FRI, Rektor ULM juga menyerahkan bantuan paket sembako dari Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM dalam aksi peduli bencana banjir Kalsel serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ULM.

"Terima kasih kami kepada Pak Sekda Dahnial Kifli mewakili Bupati Sukamta sudah menerima bantuan yang kami serahkan. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat untuk pemulihan pascabanjir," kata Sutarto di dampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Muhammad Fauzi.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021