Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, memiliki Kampung Dongeng yang menjadi wadah bagi segala aktivitas yang memacu pengembangan kreativitas anak-anak.


Pencetusnya adalah pasangan suami istri Teguh dan Enik Minarsih yang menjadikan rumahnya sebagai pusat Kampung Dongeng di Kampung Baru Martapura, Kabupaten Banjar, demikian keterangan diperoleh Antara, Selasa.

"Ide awal mendirikan Kampung Dongeng yang kami beri nama Intan Martapura berawal dari kepedulian pembentukan karakter anak usia dini," ujar Enik di Martapura.

Dijelaskan, dongeng merupakan media yang efektif dalam membentuk karakter anak karena materi cerita disampaikan dalam bahasa anak-anak yang ringan dan dibumbui kelucuan.

Ia mengatakan, penyampaian seperti itu mudah terekam dalam memori dan pikiran anak sehingga mereka bisa belajar hal-hal yang baik melalui materi yang diceritakan.

"Misalnya, kita mengajarkan soal kebersihan dan menjaga lingkungan hidup maka bisa dikemas melalui dongeng sehingga anak-anak lebih menyimak dan mengena," ucapnya.

Ditekankan, mengajari anak-anak tidak harus dengan kekerasan apalagi memaksa mereka melakukan sesuatu karena bisa berdampak terhadap kepribadian di kemudian hari.

"Kami akan terus mengembangkan Kampung Dongeng walau pun hingga sekarang ini belum ada bantuan dari pemerintah, tetapi kami berupaya melalui dana swadaya," ujar Enik.

Menurut dia, pihaknya swadaya mengumpulkan dana guna melengkapi fasilitas Kampung Dongeng sehingga anak-anak di sekitarnya bisa belajar dan mendengarkan dongeng.

"Melalui dana swadaya masyarakat, kami sudah memiliki fasilitas seperti perpustakaan, Alat Permainan Edukasi (APE) dan saya bermimpi membangun taman bermain untuk anak," ujarnya.

Ditambahkan Teguh, pembentukan Kampung Dongeng Intan Martapura sebagai bentuk dukungan membina, menumbuhkan, dan menyalurkan bakat kreativitas anak-anak.

"Jika anak-anak memiliki kreativitas tinggi, berdisiplin, dan berkemauan untuk maju, maka diharapkan masa depan yang gemilang akan mereka raih," kata Teguh.

Kepala Bagian Humas Setdakab Banjar Rahmadin mengatakan, sangat mendukung keberadaan Kampung Dongeng dan berupaya membantu melalui program pemerintah.

  "Kami mendukung dan berupaya memfasilitasi melalui program Pemkab Banjar sehingga Kampung Dongeng terus berkembang," ujar Rahmadin yang tinggal di kampung itu.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015