Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Berangkat dari keinginan Direktur  Bank Sampah menjadikan daerah Sekumpul menjadi daerah yang bersih, sehat dan asri maka diinisiasi program Sekumpul Hijau yang salah satunya adalah program Pilah Sampah di rumah tangga.


Mengutip siaran pers Humas Pemkab Banjar, Kamis, program ini digulirkan untuk mewujudkan layanan pemilahan dan pengolahan sampah, layanan pemungutan, pemilahan dan pengolahan sampah diwujudkan dengan membentuk bank sampah yang mandiri.

Di Kelurahan Sekumpul Kabupaten Banjar melalui musyawarah bersama para warga, dan ulama besar Habib Aly Abdullah Al-Idrus  untuk memberdayakan ibu-ibu dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dan mengurangi volume sampah yang dibuang oleh warga.

“Saya sangat mendukung Program Sekumpul Hijau ini, menurut saya Bank Sampah Sekumpul ini telah Berhasil, program ini sangat bagus hasilnya, sehingga untuk kebersihan dan keindahan yang akan menjadi kebanggan warga sekumpul” ucap Habib.

Bank Sampah Sekumpul ini Sangat Bermamfaat terhadap warga Kelurahan Sekumpul Karena sangat membantu masyarakat untuk membuang sampah tidak sembarangan dan dapat mengubah masyarakat sadar akan membuang sampah.

Kegiatan Bank Sampah Sekumpul  yang rutin digulirkan adalah menampung sampah rumah tangga, barang bekas dalam bentuk kering hasil pemilahan sampah oleh warga di tiap rumah di Kelurahan Sekumpul.

Sampah-sampah yang terkumpul untuk kemudian dipilah-pilah berdasarkan jenisnya dan dijual kepada pengumpul sampah. Untuk sampah plastik bekas bungkus makanan, cangkang kopi, bungkus softener, deterjen, dan lainnya dikumpulkan oleh bank sampah untuk selanjutnya dibuat menjadi barang kerajinan.

Direktur bank sampah GT Umar Husin menambahkan “ mulai Hari ini kami menandai efektip nya pelaksanaan program sekumpul hijau, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat  kelurahan sekumpul, untuk kegiatan pemilahan sampah rumah tangga dan juga gerakan penanaman pohon” ucap Direktur.

Umar Husin juga menghimbau kepada masyarakat atau pengguna jalan di kawasan kelurahan sekumpul untuk tidak membuang sampah sembarangan
Kegiatan pengumpulan sampah dilakukan setiap pagi Hari pukul 06.00 sampai pukul 08.00 WITA.

“Adanya bank sampah ini saya merasa terbantu. Sisi botol air mineral atau kardus yang tidak terpakai bisa menjadi tabungan, semoga bank sampah ini dapat terus berjalan,” ucap partisipan Bank Sampah Sekumpul Jamhuri.

Pewarta: Asmuni

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015