Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto menekankan anggotanya untuk dapat bekerja sesuai motto Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan) Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Dalam bertindak dan bertugas, seluruh anggota wajib mempedomani motto Kapolri. Dimana seluruh program yang digariskan pimpinan harus saling berkaitan dan selaras hingga level bawah," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Dalam tahap awal saat ini, sosialisasi pun terus dilakukan untuk menyelaraskan dan menyamakan persepsi personel jajaran Polda Kalsel agar seluruh kegiatan dapat berpedoman pada program prioritas Kapolri.

"Kalau anggota paham dan mengetahui apa yang menjadi motto Kapolri, pada akhirnya dapat bersama-sama mendukung kebijakan pimpinan guna dapat terlaksana dengan baik," jelasnya.
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto menekankan anggotanya untuk dapat bekerja sesuai motto Presisi Kapolri. (ANTARA/Firman)


Selain menyampaikan empat program, 16 kegiatan dan delapan komitmen Kapolri, dalam arahannya Rikwanto juga menyampaikan tentang program 100 hari kerja Kapolri yang terangkum dalam 15 poin.

Beberapa yang menjadi poin penting terkait pelayanan disampaikan Kapolda yaitu meminimalisir komplain masyarakat terkait pelayanan Kepolisian serta mewujudkan layanan publik yang cepat, mudah, dan terukur berbasis teknologi informasi agar segera direalisasikan dalam pelayanan SIM, STNK dan SKCK.

Kemudian mempersiapkan sarana dan prasarana bagi masyarakat kelompok rentan dan berkebutuhan khusus di tingkat Polres dan Polsek. Termasuk transformasi Polsek sebagai basis resolusi harus sudah berjalan dan realisasikan bhabinkamtibmas sebagai pusat informasi dan "problem solver" atau pemecahan masalah.

Sedangkan untuk membantu penanganan pandemi COVID-19, program Kampung Tangguh terus dikembangkan dan ditingkatkan. 

Di sisi lain, pendampingan pada setiap program pemerintah terkait pemulihan ekonomi nasional juga wajib dilakukan setiap anggaota Polri di semua level agar bangsa Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi.
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto menyerahkan Piagam Penghargaan Satker Predikat WBK dan WBBM. (ANTARA/Firman)


Di sela kegiatan sosialisasi program Kapolri di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri tersebut, Kapolda juga menyerahkan Piagam Penghargaan Satker Predikat WBK dan WBBM dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) kepada Dit Reskrimsus Polda Kalsel dan Polres Tapin.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Pol Sapta Maulana Marpaung menerima piagam penghargaan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Sedangkan piagam penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) diterima Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021