Bupati Banjar Khalilurrahman menyambut kunjungan kerja Deputi Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rifa'i bertempat di Command Center Barokah Martapura.

Bupati menyambut kedatangan rombongan, Selasa didampingi Sekda Banjar Mokhammad Hilman Kepala Bappeda Litbang Galuh Tantri Narindra, Kepala Dinas Perkim Mursal serta Kalakhar BPBD Irwan Kumar. 

Deputi Rehabilitasi dan Rekontruksi BNPB RI Rifa'i mengatakan tujuan kedatangan adalah meninjau secara langsung lokasi wilayah terdampak banjir dan mengetahui data serta verifikasi dari pemerintah daerah. 

"Khususnya mengenai kerusakan sektor perumahan dan permukiman terdampak banjir. Selanjutnya BNPB berkoordinasi dengan Kementrian Keuangan untuk menindaklanjuti penanganan kerusakan," ujarnya. 

Menurut dia, kedatangannya bersama rombongan merupakan amanat Presiden RI Joko Widodo untuk memberikan pelayanan terbaik bagi Provinsi Kalsel yang dalam proses pemulihan pascabanjir.

"Ini merupakan amanat Presiden Joko Widodo untuk melakukan peninjauan dan proses indentifikasi kerusakan akibat bencana, khususnya sektor perumahan. Pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan perhatiannya sesuai UU," ucapnya. 

Sekda Banjar Mokhammad Hilman menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan Deputi Rehabilitasi dan Rekontruksi BNPB RI Rifa'i dan berharap bantuan yang difasilitasi dapat meringankan beban yang dirasakan masyarakat.

"Saat ini status Kabupaten Banjar tanggap darurat dan pemkab sudah menyiapkan data lengkap nama dan alamat per kepala keluarga yang akan dibuatkan SK Bupati dalam proses pemulihan pascabanjir," kata sekda.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021