Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua MUI HSS TGH. Muhammad Riduan Baseri menghadiri vaksinasi perdana COVID-19 untuk Forkopimda dan MUI HSS, di Pendopo Bupati HSS.

Kepala Dinas Kesehatan HSS, dr. Hj. Siti Zainab, di Kandangan, Selasa (2/2), mengatakan penerima vaksin perdana hari ini adalah tokoh pejabat publik, dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, Forkopimda, serta MUI HSS.

"Tetapi nanti tergantung hasil skrining di meja dua, kalau seumpamanya bisa divaksinasi berarti mereka lanjut ke meja tiga dan diberikan vaksinasi, tapi kalau menurut dokter belum waktunya, ditunda, mungkin akan di gelombang berikutnya," katanya.

Baca juga: Patroli malam petugas himbau tutup cafe jam 10 malam

Dijelaskan dia, pelaksanaan vaksinasi melalui beberapa tahap yaitu tahap pendaftaran, tahap skrining, tahap penyuntikan vaksin, tahap observasi, dan terakhir peserta menunggu selama 30 menit untuk mengetahui efek vaksinasi yang telah dilakukan.

Sebelum diberikan kepada masyarakat, Vaksinasi COVID-19 terlebih dahulu diberikan kepada pejabat publik (Forkopimda) dan MUI HSS, hal ini dilakukan untuk menghilangkan keraguan dan memantapkan kepercayaan masyarakat akan keamanan dan kehalalan vaksin.

Pemberian Vaksinasi COVID-19 merupakan tindak lanjut dari Surat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, perihal distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

"Dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi COVID-19, sehingga Pemerintah melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk meningkatkan kekebalan individu dan kelompok, serta menjaga kesehatan masyarakat sehingga dapat memutus mata rantai penularan COVID-19.

Adapun penerima Vaksin COVID-19 di pendopo kali ini, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Kepala Kejaksaan Negeri Agus Rujito, Kepala Kantor Wilayah Kemenag H. Saribuddin, Wakil Ketua I DPRD Rodi Maulidi.

Baca juga: 3.600 dosis vaksin Sinovac COVID-19 tiba di HSS

Selanjutnya, Wakil Ketua Pengadilan Negeri H. Budi Winata, Sekda HSS H. Muhammad Noor, Kepala Dinas Kesehatan HSS, Wakil Ketua II MUI Diny Mahdany, Wakil Direktur RSUD Hasan Basry Kandangan Yuni Risna Badriatun Noor, dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia HSS dr. Sigit.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, menghimbau pada saat nanti masyarakat kena giliran, mari bersama-sama mengikuti kegiatan vaksinasi, karena semuanya sudah diatur, kesehatannya bagus, secara agama juga dinyatakan halal, jadi tidak ada masalah.

"Kalau ada informasi yang kurang jelas agar ditanyakan, jangan berkembang dengan isu-isu yang tidak benar," katanya, saat memberikan keterangan dalam wawancara.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021