Lebih dua pekan banjir berlangsung, nyaris tiada hari bagi Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola), Kalimantan Selatan H Rahmadian Noor untuk tidak berada di lokasi banjir. 

Selain disibukan tugas-tugas penanggulangan dan pelayanan para korban di posko-posko dan lainnya, wabup juga aktif meninjau lokasi-lokasi banjir. 

Jumat (29/1) kemarin, giliran Desa Pantai Hambawang dan Antasan Segera Kecamatan Mandastana yang wabup kunjungi. Kendati untuk menjangkau lokasi yang saat ini terisolir banjir harus dengan menumpang kelotok (perahu bermesin) serta melintasi genangan yang menenggelamkan area persawahan warga. 

Kunjungan wabup yang disertai Anggota DPRD Reza Widian Noor, Camat Mandastana Ahmad Husaini, anggota Forkopimcam, para kades, dan lainnya juga membawa bekal sembako terutama mie instan dan air mineral untuk dibagi-bagikan. 

“Kunjungan kami ini selain untuk melihat kondisi warga juga untuk memastikan kebutuhan pokok terutama makanan dan kesehatan terlayani memadai,” papar wabup yang akrap disapa pak Rahmadi itu.  

Dari pantauan yang dilakukan serta penjelasan para kades, ketersediaan bahan makanan terutama beras bagi warga di Desa Pantai Hambawang, Antasan Segera, dan Tabing Rimbah saat ini tergolong cukup bahkan hingga sebulan ke depan. 

“Kami sudah cek kepada para kades dan masyarakat langsung ternyata bahan masih tercukupi,” ujar wabup di sela memantau kondisi warga di Desa Pantai Hambawang. 

Kenyataan ini sekaligus menepis selentingan isu adanya warga yang kelaparan lantaran keterbatasan sembako yang dikirimkan akibat banjir. 

Rahmadi juga menyatakan, apabila ada informasi terkait warga kelaparan adalah tidak benar karena semua bantuan tersampaikan ke semua tempat, termasuk desa yang sulit diakses seperti Pantai Hambawang dan Antasan Segera dengan menggunakan kelotok. 

Bantuan-bantuan yang diberikan, lanjutnya, bukan saja berasal dari Pemkab Batola tetapi juga dari pihak-pihak lain yang disampaikan para relawan dari berbagai pihak. 

“Hari ini saja saat menuju ke sini kami sering berpapasan dengan para relawan yang juga untuk mengantarkan bahan makanan,” papar Rahmadi.  

Untuk itu kepada para dermawan dari semua pihak serta para relawan yang telah berpartisipasi membantu korban banjir termasuk melakukan pengiriman atas nama pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Rahmadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.

Sewaktu berada di Desa Pantai Hambawang, Rahmadi bersyukur melihat ketinggian air sudah berangsur menurun. 

Dia berharap kiriman air tak lagi terjadi agar air cepat mengalir ke Sungai Barito sehingga kondisi desa bisa mengering dan warganya bisa kembali beraktivitas secara normal.

Ketika berada di tengah-tengah warga, lelaki ramah dan suka guyon itu sempat bercengkrama bersama warga yang tengah memasak sembari memberikan motivasi sembari menanyakan kondisi kesehatan mereka. 

“Bagaimana keadaan bapak ibu, sehat semua ya?,” tanyanya semberi menawarkan, jika ada yang kurang sehat bisa melakukan pemeriksaan, mengingat kehadirannya disertai petugas kesehatan dari puskesmas. 

Kepada petugas puskesmas, wabup memerintahkan agar ikut serta dalam setiap kunjungannya supaya bisa melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan warga, khususnya para korban banjir.
Wabup Batola H Rahmadian Noor kunjung Desa Pantai Hambawang dan Antasan Segera Kecamatan Mandastana, Jum'at (29/1).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Batola.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021