Keberangkatan kapal Awu-Awu milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batullicin Kabupaten Tanah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, tujuan Garongkong Sulawesi Selatan sempat tertunda akibat cuaca buruk atau gelombang tinggi.

General Manager PT ASDP Cabang Batulicin, Masagus Hamdani yang di dampingi Meneger Usaha Akhmad Sunedi di Batulicin Senin mengatakan, sesuai jadwal keberangkatan pada 15 Januari 2020 kapal tersebut harus berlayar menuju Batulicin.

"Karena cuaca kurang bagus maka keberangkatan menuju Batulicin diundur pada 21 Januari. Sedangkan untuk jadwal keberangkatan selanjutnya belum dapat dipastikan, apabila cuaca sudah membaik maka kapal akan diberangkatkan," ujarnya.

Dijelaskan Sunedi, sebenarnya untuk keberangkatan kapal Awu-Awu dari Garonggong-Batulicin dijadwalkan setiap tanggal 21, 24, 28, 31 Januari sedangkan dari Batulicin-Garonggong tanggal 23, 26, 29 Januari.

Namun jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, apabila cuaca membaik maka jadwal tersebut tetap dijadikan pedoman keberagkatan, akan tetapi cuacanya masih kurang baik maka kebrangkatan kapal menuju pelabuhan tujuan akan diundur.

"Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat, kondisi cuaca di selat Makasar hingga saat ini masih terjadi gelombang tinggi hingga empat meter, oleh sebab itu demi keselamatan penumpang kapal, maka secara terpaksa manajemen ASDP harus menunda keberangkatan kapal tersebut," katanya.

Sementara ini lanjut Sunedi, calon penumpang kapal yang hendak mengunakan fasilitas pelayaran dapat mencari informasi atau jadwal keberangkatan kapal di Pelabuhan ASDP Batulicin secara langsung.

"Kerana jadwal keberangkatan kapal dari Batulicin-Garongkong dan sebaliknya, saat ini tergantung cuaca," pungkas Sunedi.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021