Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menyiapkan 100 ton beras untuk membantu korban bencana.


"Sebanyak 100 ton beras tersebut kini dititipkan di Bulog Kotabaru, dan sewaktu-waktu diperlukan bisa langsung didistribusikan," kata Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kotabaru, Tri Basuki Rahmat, Senin.

Basuki menjelaskan, selain menyiapkan beras, BPBD Kotabaru bersama instansi terkait juga menyiapkan buffer stock, misalkan, bahan makanan, selimut, serta tenda pengungsian bagi korban bencana.

Barang-barang tersebut telah disiapkan di gudang, dan manakala terjadi bencana, buffer stok itu bisa langsung didistribusikan kepada yang membutuhkan.

Khusus untuk air bersih selama musim kemarau, BPBD Kotabaru juga menyiapkan tiga unit mobil tangki untuk air bersih, yang masing-masing memiliki kapasitas 5.000 liter.

"Pada musim kemarau tahun ini, kita sudah mengoperasikan mobil tangki untuk mendistribusikan air bersihy kepada masyarakat luas," katanya.

Seiring dengan tibanya musim hujan kali ini, kata Basuki, BPBD Kotabaru bersama TNI, Polri, Basarnas, organisasi kemasyarakatan, baru saja melakukan rapat koordinasi dan apel siaga, untuk menyiagakan personil dan sarana prasarana apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

Dikatakannya, Kabupaten Kotabaru yang terdiri dari kepulauan itu, rawan terjadi bencana, terutama, puting beliung, banjir, dan tanah longsor.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014