Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, mendapatkan anggaran sebesar Rp1 triliun berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2015 untuk membiayai pembangunan di Amuntai.

Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid usai menerima DIPA dari Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Arifin, Kamis mengatakan, dengan diterimanya DIPA Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Dokumentasi Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD), maka Pemkab HSU sudah bisa melaksanakan sejumlah agenda pembangunan di daerahnya.

Dijelaskan, DIPA 2015 sebesar Rp1 triliun, berasal dari Kementerian dan lembaga sebesar Rp212,6 miliar, dan dana transfer ke daerah sebesar Rp788,7 miliar.

Dana untuk lembaga vertikal dari Kementerian atau lembaga masing-masing bagi kantor pusat sebesar Rp165 juta dan kantor daerah sebesar Rp208,2 miliar serta tugas pembantuan sebesar Rp4,3 miliar, ujar bupati melalui siaran pers.

Sedang Dana transfer dari pusat ke Kabupaten Hulu Sungai Utara, yakni, berupa Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp458 miliar, Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp56,9 miliar, DAK tambahan Rp13,6 miliar, dan Dana Bagi Hasil (DBH) pajak Rp26,9 miliar.

Selanjutnya, dana bagi hasil dari sumber daya alam Rp134, miliar, dana desa Rp11,9 dan dana transfer lainnya sebesar Rp86,7 miliar.

Wahid menandaskan dalam waktu dekat DIPA akan diserahkan kepada masing-masing instansi vertikal dan SKPD di Kabupaten HSU agar di awal 2015 bisa memulai kegiatan pembangunan.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014