Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membangun dapur umum untuk para korban banjir di Kabupaten Tanah Laut.

"Sekitar tujuh personil dari tagana yang kami berangkatkan ke Desa Banua Raya Kecamatan Bati-Bati, mereka membawa peralatan memasak lengkap untuk mendirikan dapur umum di lokasi tersebut,' kata Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu Basuni, di Batulicin Selasa.

Untuk bahan makanan dan keperluan lainnya akan disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut atau pihak lainnya sehingga petugas tinggal memasakan bahan tersebut dan dibagikan kepada para korban banjir.

Basuni mengatakan, dalam menyikapi bencana ini Pemerintah Daerah Tanah Bumbu sebelumnya juga menerjunkan personil turun kelokasi banjir untuk membantu pemerintah setempat melakukan evakuasi.

Menurut laporan dari BPBD setempat, sekitar 15 RT, 988 kepala keluarga atau 3.162 jiwa yang terdampak banjir.

"Tim yang bertugas di lapangan kami intruksikan agar tetap melakukan koordinasi dalam menjalankan tugas. Ini adalah bentuk kepedulian sosial terhadap mereka yang sedang mengalami bencana dan Tanah Bumbu adalah salah satu kabupaten terdekat dari lokasi benjana tersebut," ujarnya.

Tim tagana dari Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu sudah terlibat dalam penanganan bencana yang terjadi, tidak hanya di Kabupaten Tanah Bumbu tetapi juga di wilayah lainnya hingga ke luar Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kami ikutin semoga bencana ini cepat berahir, bagi yang tertimba musibah tetap tabah dan bersabar," pungkas Basuni.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021