Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, memenuhi kebutuhan pokok dengan menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat setempat terutama untuk kebutuhan sehari-hari.


Asisten I Setda Kabupaten Banjar, Harry Supriyadi di Martapura, Selasa mengatakan, pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dilakukan melalui ketersediaan pangan.

"Kami memiliki kewajiban memenuhi kebutuhan masyarakat dan hal itu sudah dilakukan," ujarnya usai sosialisasi ketahanan pangan di Aula Badan Ketahanan Banjar.

Ia mengatakan, Pemkab Banjar menyediakan kebutuhan pangan masyarakat dengan meningkatkan semangat pelaku usaha baik pertanian maupun perkebunan.

Dijelaskan, pihaknya mendorong semangat pelaku usaha agar lebih meningkatkan produktivitas usahanya baik di bidang pertanian, perkebunan hingga sektor lainnya.

"Melalui dorongan dinas maupun instansi di lingkup Pemkab Banjar diharapkan pelaku usaha bisa lebih meningkatkan produktivitas bidang usahanya," ujar dia.

Menurut Harry, kebutuhan pokok terutama pangan merupakan hak utama masyarakat yang harus dipenuhi pemerintah sehingga Pemkab Banjar mengupayakan hal tersebut.

Langkah yang dilakukan adalah bekerja sama dan berkordinasi baik dengan Pemprov Kalsel maupun pusat sehingga seluruh kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi.

"Kerja sama dan koordinasi Pemkab Banjar dan Pemprov Kalsel maupun pusat terus dijalin sehingga jika terjadi kekurangan pangan bisa dipenuhi secepatnya," ujar dia.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Fahrozi mengatakan tujuan sosialisasi adalah memberikan pemahaman tentang penyaluran pangan di kabupaten setempat.

"Melalui sosialisasi diharapkan aparatur pemerintah baik kecamatan, desa dan kelurahan serta pelaku usaha mengetahui sistem penyaluran pangan hingga ke lokasi," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014