Produsen semen Tiga Roda, PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Plant Tarjun peduli korban banjir di "Banua" Kalimantan Selatan dengan memberikan bantuan yang diserahkan melalui tim Reaksi Cepat Indocement Peduli (RCIP).

General Manager PT ITP Tarjun Retnawan Widhiantoro melalui SHECSR Department Head, Teguh Iman Basoeki menjelaskan perusahaan merasa terpanggil untuk bisa melakukan kontribusi bagi para korban yang terdampak.

"Bantuan akan dibawa menggunakan armada Indocement serta langsung diserahkan oleh tim RCIP kepada korban banjir dan pelaksanaannya tetap menjalankan protokol kesehatan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19," katanya dilaporkan, Senin.

Selain bantuan dari perusahaan melalui Ikatan Management Indocement (IMI), karyawan Indocement juga beriniasi melalui Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (SP ISI) memberikan sumbangsih kepada korban banjir.

“Kami turut prihatin, terharu dan berduka atas musibah yang menimpa saudara- saudara. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang saat ini sedang ditimpa musibah,” jelasnya.

Baca juga: Indocement edukasi masyarakat di tengah pandemi COVID-19

Bantuan diserahkan Tim Reaksi Cepat Indocement Peduli (RCIP) PT. ITP, Tbk Plant Tarjun, Hj. Eva Ariani kepada Koordinator Lapangan BPBD Kabupaten Tanah Laut, Muhammad Yusri, dan untuk bantuan berupa obat-obatan diterima oleh Pembantu Dekan 3 Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru, Fauzie.

Paket bantuan berupa makanan diserahkan kepada Koodinator Relawan Masjid Asyuhada Banjarbaru, Indira.

Di Kabupaten Banjar, bantuan diterima oleh aparatur Desa Lok Buntar, Kecamatan Sungai Tabuk, Martapura, Kabupaten Banjar, Bambang bersama Kordinator Pengungsi Gedung Tengah, Kecamatan Sungai Tabuk, Martapura, Yusri.

Untuk penyaluran bantuan hanya bisa ditempuh melalui jalur air menggunakan sampan kecil masyarakat setempat dan sebagiannya menggunakan mobil double cabin untuk sampai kelokasi yang sulit di akses yang bisa dilewati.

Baca juga: Indocement siapkan lulusan sekolah kejuruan menghadapi revolusi industri

“Tim kami terus berupaya yang terbaik untuk dapat membantu para korban dan beraktifitas mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam,” imbuhnya.

“Terimakasih Indocement Tarjun, saya mewakili masyarakat lainnya memberikan apresiasi kepada perusahaan produsen semen Tiga Roda yang jauh-jauh datang dari Kabupaten Kotabaru memberikan bantuan secara langsung,” ujar perangkat desa Sungai Pinang Baru, melalui siaran pers.

Sementara itu, cuaca ekstrem 12-14 Januari 2021 menimbulkan dampak banjir di beberapa kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, dan ketinggian banjir mencapai hingga 2-3 meter.

Wilayah terdampak banjir yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Balangan,Tabalong.

Banjir terparah terjadi di tiga kabupaten yaitu Banjar, Hulu Sungai Tengah dan Tanah Laut, Di Kabupaten Banjar terendam dengan ketinggian air bervariasi, selain banjir yang merendam rumah warga, cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan juga membuat jembatan utama provinsi roboh.

"Benar jalan nasional tepatnya di jalan A Yani km 55.500 Kecamatan Matraman terputus karena oprit Jembatan Sungai Salim yang rusak tergerus air," ujar Hilman.

Pewarta: Imm

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021