Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan resmi menjabat wali 
kota sisa masa jabatan 2016-2021 setelah dilantik dan diambil sumpah menggantikan Wali Kota (alm) Nadjmi Adhani yang meninggal dunia. 

Pelantikan Darmawan Jaya yang hanya menjabat satu bulan karena wali kota dan wakil wali kota terpilih hasil pilkada 2020 dilantik 17 Februari
dilakukan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Mahligai Pancasila, Sabtu.

Naiknya status Darmawan Jaya sesuai SK Mendagri No 136-16 1.63/ 2021 tanggal 6 Januari 2021 tentang pengesahan pengangkatan wali kota dan pemberhentian wakil wali kota Banjarbaru, Kalsel. 

Gubernur Kalsel dalam sambutannya mengatakan, peran aktif dan kegesitan pemda dalam bekerja sangat penting apalagi di awal 2021 selain pandemi COVID-19, sejumlah wilayah Kalsel juga dilanda bencana banjir. 

"Masyarakat saat seperti ini sangat membutuhkan peran kita sebagai abdi pemerintah dan pelayan masyarakat yang harus sigap dan tanggap dalam mengatasi dampak banjir," ujar Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Oleh karena itu, gubernur berharap Banjarbaru di bawah kepemimpinan Darmawan Jaya Setiawan dapat menyelesaikan dan menuntaskan program pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara, Darmawan Jaya akan fokus memperhatikan permasalahan di kota berjuluk Idaman baik terkait  program-program pembangunan, pelayanan dan kesejahteraan rakyat di sisa masa jabatan. 

"Gubernur menyampaikan amanah fokus penanganan banjir sehingga kami akan melaksanakan tugas itu bersama seluruh elemen masyarakat dan jajaran pemerintahan di lingkup Pemkot Banjarbaru," ujarnya.

Diketahui, sebagai wilayah Banjarbaru selain dilanda banjir hingga membuat 5 ribu lebih warga terdampak juga membantu pengungsi dari daerah tetangga seperti Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021