Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK membuka pengungsian bagi mereka yang terdampak bencana banjir di kediaman atau rumah pribadinya - Jalan Pemajatan Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

"Politikus senior Partai Golkar tersebut mengemukakan hal itu dalam 'video call' (melalui hp) yang dia 'share' (bagi-bagikan), Jumat (15/1)," ujar Kasubag Rumah Tangga Protokol dan Kehumasan Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Dedy Noriadi dalam siaran lewat WA-nya.

Alasan wakil rakyat bergelar sarjana hukum, magister hukum serta mendapat gelar doktor kehormatan itu membuka tempat pengungsian, seiring makin meluasnya bencana banjir serta bertambah banyak mereka yang terdampak.

Dalam video tersebut, anggota DPRD Kalsel dua periode yang memiliki rumah di Pematang/Pemijatan Gambut (sekitar 18 kilometer dari Banjarmasin) itu menyatakan dirinya siap menampung warga sekitar yang menjadi korban terdampak banjir,

“Di Rumah Makan Banua, Pemajatan Gambut dan siap kita tanggung makan serta tempat tidurnya, Rumah Makan tutup selama musibah melanda keluarga kita,” ujarnya seperti dikutip Juru Bicara (Jubir) Setwan Kalsel.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong itu juga menyatakan, pihaknya siap pula melakukan penjemputan jika memerlukan.

"Nanti penjemputan kita kondisikan dengan perahu karet bersama TNI dan Polri, begitu juga penanggulangan bencana,” lanjut laki-laki kelahiran Rantau Bujur Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel Tahun 1957 berbintang Libra tersebut.

Supian HK juga mengimbau, kepada masyarakat yang ingin meninggalkan rumah agar memutuskan arus listrik dan pada prosesnya di pengungsian nanti dia juga akan tetap melaksanakan protokol kesehatan agar tidak ada klaster baru COVID-19.

"Adapun kontak informasi mengenai penjemputan yang disematkan pada pesan yang beliau kirimkan adalah atas nama Mohammad Saleh (0813-4543-9564), Puja Rahayu (0878-3325-2228), Nazwa (0878-4207-3283)," demikian Dedy Noriadi.

Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK menjadikan rumah pribadinya sebagai tempat pengungsian korban bencana banjir. Tampak pengungsi berdatangan ke rumah pribadi Supian HK/Rumah Makan Banua - Jalan Pemijatan Gambut, foto 15 Januari 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021