Sebanyak 135 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menerima pembekalan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Pejabat Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H. Ambo Sakka di Batulicin Rabu mengatakan, pembekalan ini penting diberikan agar CPNS memiliki tanggung jawab ketika sudah masuk dalam sistem pemerintah.

"Para CPNS yang mengikuti pembekalan hari ini merupakan orang-orang terpilih dari ribuan peserta yang sebelumnya pernah mengikuti seleksi CPNS," ujarnya.

Dia mengatakan, sebagai orang yang terpilih, yang bersangkutan harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Yang paling penting, para abdi negara wajib memiliki kualitas pada bidangnya. berjiwa profesionel nan netralitas yang tingi.

"Setelah diterima CPNS jangan puas dulu, terus tambah pengetahuan. Baik melalui diklat maupun lainnya yang bisa menambah pengetahuan," ujarnya.

Selain itu, memiliki daya saing. Jadi PNS harus punya daya saing, jangan tetap di tempat. Tidak ada peningkatan dalam karir.

"PNS harus punya daya saing. Saya tantang sepuluh tahun kedepan, Anda harus memegang peranan membangun Tanah Bumbu,” pinta Ambo.

Sikap disiplin juga ini harus melekat pada diri seorang PNS. "Mulai sekarang harus membiasakan disiplin. Baik disiplin jam kerja maupun disiplin dalam berpenampilan," tegasnya.

Bukan hanya itu lanjut Ambo, seorang abdi negara juga harus memiliki etika dalam bergaul dan berkomunikasi. Birokrasi menjadi kacau juka para pegawainya tidak memiliki etikan yang baik.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021