Memang tidak ada ruginya, kalau memilih berwisata ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di akhir pekan.

Karena ada puluhan objek wisata yang lokasinya berdekatan, bahkan bisa anda nikmati semuanya dalam waktu satu hari saja. Wisatawan juga  bisa menyempatkan diri berwisata religi ke masjid bersejarah dan makan makanan enak di Kafe dan Resto seperti Three Oriental yang menyajikan ratusan menu nusantara.

Memudahkan tujuan wisata alam anda, maka kita petakan menjadi tiga zona, yaitu zona pertama arah ke Kecamatan Batu Benawa-Hantakan dan zona dua ke arah Batang Alai Selatan-Batang Alai Timur serta Zona Tiga ke arah Kecamatan Barabai-Pandawan untuk wisata religi.

Zona 1 (Arah Kecamatan Batu Benawa-Hantakan)

Kalau arah ke Kecamatan Batu Benawa dan Hantakan, pertama kali wisatawan bisa singgah di objek Wisata Pulau Lampam di Desa Pagat sambil menaiki perahu hias menyusuri sungai. Selanjutnya tidak berapa jauh ada objek wisata lama Pagat, disana anda bisa menaiki Gunung yang sudah ada tangganya dan di puncak bisa melihat pemandangan alam yang indah dan kota Barabai dari ketinggian.

Setelah puas dan lelah menikmati pemandangan dari ketinggian, maka lanjut aja berenang di Waterpark Baruh Bunga Desa Haliau yang lokasinya hanya berjarak sekitar 3 Km dari objek wisata Pagat.

Setelah mandi-mandi di Waterpark, lanjut ke sebelahnya yang berdempetan ada wisata Goa Limbuhang, disana anda bisa foto-foto dalam Gua di sebuah danau yang begitu eksotis.

Karena masih satu arah, sebaiknya anda jangan melewatkan untuk menikmati suasana alam yang masih asri dan air pegunungan yang jernih yaitu ke wisata Riam Bajandik dan Pulau Mas, lokasinya juga berdekatan di Desa Baru dan anda bisa bersantai atau mandi-mandi bersama keluarga.

Mumpung ke HST, sekalian aja ke Wisata Manggasang, karena lokasinya juga dekat kalau setelah di Pulau Mas tadi maka jika lurus saja anda akan sampai ke Hantakan, dan putar ke luar maka singgah sebentar ke Wisata Manggasang, disana menyewakan Gazebo pinggir sungai yang bagus untuk berkumpul dengan keluarga atau bisa juga anda cuci motor atau mobil sekalian.

Istirahat dan makan di Three Oriental

Kalau sudah lapar setelah berwisata, maka mending makan dulu di kota Barabai, karena ada Cafe dan Resto yang baru saja buka beberapa bulan lalu, namun selalu ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah karena menawarkan ratusan menu Nusantara. Bahkan ada juga menu masakan Jepang, masakan Korea bahkan masakan Eropa. Kerenkan?

Cafe dan Resto tersebut bernama Three Oriental, lokasinya di pusat kota Barabai, tidak berapa jauh dari pintu gerbang pasar Keramat dan tepatnya di jalan H Moh Syarkawi Barabai. Lebih mudahnya cari aja di google map pasti ketemu atau mau pesan duluan bisa lihat di IG @threeoriental atau menghubungi kontaknya di 0812-5797-7454.

Owner Three Oriental, Ricky mengatakan, Cafe dan Restonya tersebut buka kalau hari Senin-jum'at mulai pukul 11.00 wita-22.00 wita. Sedangkan Sabtu-Minggu mulai pukul 11.00 wita-23.00 wita.

Pokoknya menunya lengkap dan banyak variannya, mulai dari masakan nusantara seperti nasi goreng, mie goreng, kwetiaw, bihun goreng, ifung mie dan mie titi.

Kalau menu ikan lebih lengkap lagi, mulai dari haruan, jelawat, nila, lele, patin, mas, baung, kakap, bawal hingga ikan salmon dengan beraneka jenis rasa yang bisa anda pesan.

Menu seafood tersedia mulai dari aneka masakan udang, cumi, kerang dan kepiting.

Ada juga aneka daging sapi dan kambing, mulai dari masak lada hitam, rica-rica, karih, tongseng, iga bakar dan lain-lainnya sampai daging ayam dan bebek.

Kalau tidak suka daging, ada menu lainnya seperti soto Betawi, soto Makassar, soto Java, rawon hingga aneka sup spesial. Juga tersedia gami ikan bahkan Gami Lobster serta rice bowl.

Mau yang lebih menarik bersama keluarga, coba saja menu masakan Korea, tersedia juga paket menu steamboat Korean Nodle mulai paket 2 orang hingga 20 orang. Mau panggang-panggang juga tersedia paket Korean BBQ dan menu lezat lainnya.

Berikutnya, untuk menu masakan Jepang tersedia Sushi, tepan rice, ramen, chicken katsu dan salmon katsu.

Sedangkan untuk masakan Eropa tersedia aneka steak, beef salad hingga spagetti. Untuk yang vegetarian, juga tersedia berbagai masakan sayuran dari pokcoy, cah kangkung dan capcay.

Minuman juga beragam dari aneka juz, milkshake, kopi spesial, mocktail, coklat, es kelapa muda dan ice cream.

Untuk makanan ringannya tersedia kentang goreng, jamur, tempe, tahu, burger, hoddog, brownies, singkong keju, pisang nugget, chicken wings, pancake, French toast dan sanwich.

"Pokoknya paket lengkap dan semua ada di Three Oriental serta harga juga sangat terjangkau mulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu dan free wifi," kata Ricky, anak muda kelahiran Barabai 29 Maret 1990 yang juga merupakan Owner Cafe Kopi Dari Hati tersebut.

Untuk memanjakan tamunya, tersedia dua ruangan indoor bertingkat dengan full AC bergaya modern dan kekinian. Juga cantik untuk spot foto. Pada Tingkat dua tersedia ruangan VIP atau untuk meeting room dan pertemuan terbatas lainnya.

Untuk yang suka outdoor, bisa memilih di halaman kafe yang santai termasuk parkir yang luas.

"Masakan yang kami sajikan selalu mengolah yang fress jadi per nota pesanan itu durasinya 10-15 menit. Sambil nunggu bisa aja foto-foto dulu, karena setiap sudut ruangan kami desain menjadi spot foto yang keren dan menarik," katanya.

Ditambahkannya, agar menjaga kelezatan masakan dan kecepatan pelayanan, pihaknya memperkerjakan sebanyak 26 orang termasuk pelayan dan koki yang bersertifikat serta berpengalaman.

Nah, kalau sudah makan-makan selesai, bisa lanjut lagi liburannya.   Tapi jangan lupa sholat dulu biar berkah di Masjid Agung Riyadussalihin Barabai atau di Masjid bersejarah seperti Masjid Sholaha Barabai, Masjid Keramat Desa Palajau dan Masjid yang berumur lebih dari 300 tahun yaitu Masjid Al A'la di Desa Jatuh Kecamatan Pandawan (Zona 3).

Zona II (Arah Kecamatan BAS-BAT)

Kalau mau lanjut liburan, sekarang kita ke arah kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) dan Batang Alai Timur (BAT). Aksesnya juga masih mudah dan terjangkau menggunakan motor maupun mobil.

Pertama, anda bisa singgah di Desa Labuhan Kecamatan BAS, disana ada Pura Agung Datu Magintir ummat hindu. Foto disana seperti anda berada di Bali. Lanjut, tidak berapa jauh dan masih masuk desa Labuhan ada Bendungan Sakutang atau Bendung Batang Alai, disana terdapat spot pemandangan yang keren dan biasanya banyak dijadikan lokasi foto pre-wedding.

Masih satu arah dan masuk Kecamatan BAT, singgah sebentar di desa Batu Tangga beli kripik pisang Udung yang fenomenal dan terkenal gurih serta renyah. Dimasak langsung oleh penjualnya si bapak Nurul Hayadi (51) atau Udung di pinggir jalan sebelah kiri dan harganya hanya Rp5 ribu per bungkus.

Tujuan wisata berikutnya merupakan Desa Nateh Kecamatan BAT, karena merupakan desa wisata, ketika anda masuk, di pinggir kiri kanan jalan desa tersebut terdapat dinding-dinding gunung dan perbukitan karts yang begitu indah.

Keindahannya Nateh juga sudah banyak diabadikan para fotografer nasional karena pesona alamnya. Di Desa Nateh ini juga terdapat wisata arung jeram susur sungai Batang Alai menggunakan perahu karet. Atau yang suka naik gunung bisa mendaki ke Bukit Mangkun atau ke Gua Batu Sawar.

Anda juga bisa melanjutkan berwisata alam di Kampung Bambu, lokasinya di Desa Tandilang dan masih di Kecamatan BAT. Disamping menawarkan keindahan pegunungan Meratus, di Kampung Bambu juga terdapat kolam pemancingan ikan dan bisa langsung memasaknya disana.

Selain itu, ada pula areal perkebunan sayur dan buah-buahan dengan disediakan gazebo di tepi-tepi bukit dan spot-spot foto yang menarik seperti spot kapal di tepi gunung,  ayunan langit, kedai angin hingga hammock untuk berbaring di pinggir bukit.

Jadi, tunggu apalagi, mari berwisata alam ke wilayah Kabupaten HST, namun jika bersama keluarga tetap mematuhi protokol Kesehatan dan jangan lupa memakai masker.

Kalau pulang wisata, jangan lupa bawa oleh-oleh kuliner khas Barabai, seperti kue apam, cincin, kue lam, kacang jaruk dan pakasam.

Baca juga: Sembilan wisata alam kekinian di HST yang menarik dikunjungi bersama keluarga
Baca juga: Ayo berwisata arung jeram ke Desa Nateh
Baca juga: Video - Melihat indahnya Danau Canting di Kabupaten HST
Baca juga: Riam Bajandik objek wisata baru di HST
Baca juga: Limbuhang, "surga" baru bagi fotografi Kalsel
Baca juga: Berwisata Tubing Trip di Desa Alat Hantakan bisa dapat durian gratis
Baca juga: HST desain bendungan batang alai untuk wisata
Baca juga: Desa Nateh Jadi Tujuan Wisata Lokal

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021