Dusun Danau Canting merupakan bagian dari Desa Hinas Kiri RT 05, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel dan masuk dalam kawasan pegunungan Meratus.

Jaraknya sekitar 50 km dari kota Barabai. Jika menggunakan motor kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan. Kalau menggunakan Mobil sekitar 2 jam dan hanya sampai di Kiyu atau dusun biasa para pendaki gunung parkir untuk menuju gunung Halau-Halau  (puncak gunung tertinggi di Kalsel dengan ketinggian 1.901 MDPL).

Dari dusun Kiyu menuju ke Danau Canting hanya bisa menggunakan motor atau jalan kaki sekitar 1,5 km, karena akses kesana jalannya sempit dan hanya susunan semen paping.

Baca juga: Melihat keindahan Meratus dari atas Bukit Mangkun

Danau Canting disini maksudnya bukanlah danau cekungan besar di permukaan bumi, namun sebuah dusun yang telah dibangun rumah-rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) melalui program yang digalakkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Menurut pendamping KAT di dusun tersebut, Indra Fironi yang berasal dari Riau menyampaikan, jumlah rumah KAT yang telah selesai di bangun Tahun 2019 ini khusus di Desa Hinas Kiri adalah sebanyak 31 buah di Danau Canting dan 8 buah di dusun Sampai.

"Selanjutnya di Dusun Danau Canting ini juga akan dibangun sarana air bersih, MCK dan balai," katanya saat ditemui di dusun tersebut yang sedang sibuk gotong royong bersama warga mencat deretan pagar-pagar rumah yang terbuat dari bambu, Selasa (9/7).

Baca juga: Jambret di HST, ternyata pelakunya bekerja di perusahaan ini
Baca juga: Bupati HST nyatakan siap taati hukum jika nantinya dipanggil Polda

Rencananya, lokasi rumah KAT di Danau Canting itu akan dijadikan lokasi peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) pada bulan Desember Tahun 2019.

Keindahan panorama alam dan hawa pegunungan di Danau Canting juga bisa dijadikan referensi wisata anda di akhir pekan.

Dengan keramahan warga disana, anda bisa menikmati keindahan deretan rumah KAT di atas bukit yang tersusun rapi dan bersih serta tak perlu bayar ke tempat itu. Anda hanya perlu sopan dan saling berkomunikasi dengan warga sekitar.

Baca juga: Produk UP2K PKK Kenanga Birayang dipasarkan sampai Timur Tengah

Ketika memasuki lokasi, pertama-tama anda akan disuguhkan dengan pintu gerbang bertuliskan Danau Canting yang merupakan singkatan dari Damai, Aman, Nyaman, Asri, Unggul. Cerdas, Agamis, Nasionalis, Tentram, Indah, Normatif, Gotong Royong.

Selanjutnya, untuk rekreasi sekedar mandi-mandi atau istirahat bersama keluarga, juga ada sungai yang lokasinya tidak terlalu jauh di belakang rumah KAT.

Jadi, kemana liburan anda diakhir pekan ini? sekali-sekalilah berkunjung ke daerah pegunungan yang tenang agar semangat kembali dalam melanjutkan aktivitas sehari-hari.  

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019