Kabupaten Hulu Sungai Utara memiliki satu Unit Gedung Baru (UGB) percontohan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dibangun di Kecamatan Amuntai Utara merupakan bantuan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peresmian gedung PAUD percontohan dilaksanakan pada Rabu (6/1) oleh Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahd HK turut dihadiri pihak Balai Pengembangan Paud dan Dikmas Kemendikbud  Kal - Sel Irhamsyah.

"Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan satu dari 16 kabupaten se Indonesia yang menerima bantuan hibah untuk membangun gedung percontohan PAUD," ujar Irhamsyah.

Bahkan, lanjut Irhamsyah, Kabupaten HSU satu-satunya kabupaten di Kalimantan Selatan yang menerima bantuan hibah bangunan PAUD percontohan ini sehingga diharapkan bisa.menginspirasi kabupaten lainnya di provinsi tersebut.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid bertukar menyerahkan tumpeng peresmian UGB PAUD Percontohan kepada Pejabat perwakilan Kemendikbud Irhamsyah di Kecamatan Amuntai Utara, Rabu (6/1). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Ia berharap, adanya UGB PAUD Percontohan di Kabupaten HSU dapat mendukung perluasan akses peningkatan kualitas layanan PAUD, menjadikan percontohan rujukan pemenuhan sarana dan prasarana PAUD yang sesuai standar Nasional.

"Semoga dapat jadi percontohan kualitas layanan PAUD yang sesuai dengan standar PAUD dengan memperhatikan kondisi dan potensi yang ada tentunya," tandasnya.

Pit Kepala Dinas Pendidikan HSU H.Junaidi Gunawan menjelaskan bahwa pembangunan UGB PAUD Percontohan itu dilaksanakan dalam jangka waktu 125 hari kalender dengan biaya Rp1,1 milyar yang terdiri dari alat permainan edukatif dan meubeler dan disalurkan secara bertahap . 

Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat meresmikan UGB PAUD Percontohan berterima kasih kepada Kemendikbud RI khususnya Direktorat PAUD, pendidikan dasar dan menengah atas perhatian, dukungan dan bantuan hibah yang diberikan kepada Pemerintah dan Masyarakat HSU.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid bersama Bunda PAUD HSU Hj Anisah Rasyidah meninjau fasilitas dalam Gedung PAUD Percontohan yang baru diresmikan di Kecamatan Amuntai Utara, Rabu (6/1). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

"Semoga dapat menginspirasi serta memotivasi para tenaga pendidik PAUD dalam meningkatkan pembelajaran dan kualitas sumber daya manusia," kata Wahid.

Bunda PAUD HSU Hj Anisah Rasyidah menambahkan, keberadaan gedung PAUD percontohan membuktikan perhatian pemerintah yang tinggi terhadap pendidikan anak usia dini.

"Sehingga diharapkan kualitas sumber daya pendidik PAUD juga terus ditingkatkan melalui ketersediaan sarana dan fasilitas pembelajaran yang berkualitas," katanya.

Turut hadir menyaksikan peresmian UGB PAUD Percontohan,  Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari,  Plt Kepala Dinas Pendidikan HSU Junaidi Gunawan, Bunda PAUD HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid dan para tenaga pendidik PAUD di HSU.

.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021