Kementerian Agama RI kembali menggelorakan tentang pentingnya menjalin kerukunan antarumat beragama pada Peringatan Hari Amal Bakti dengan tema “Indonesia Rukun”.

Kabag Kesra Setdakab Balangan, Albani Abbas saat membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas pada upacara peringatan ke-75 HAB di halaman Kankemenag Balangan, Selasa (5/1/2021) mengatakan, tema tersebut sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. 

Menurut Albani, tanpa adanya kerukunan, maka akan sukar untuk menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Albani juga menyampaikan, pemerintah juga telah menyerahkan beberapa piagam penghargaan baik kepada ASN Kemenag Kabupaten Balangan yang berprestasi dan pemberian infaq dari Baznas Kabupaten Balangan.

"Selamat kepada Kemenag RI pada peringatan ke-75 HAB ini, dengan harapan agar kementerian agama mampu lebih maju dan dapat memberikan warna di Kabupaten Balangan khususnya bidang keagamaan," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, M. Yamani mengatakan bahwa peserta upacara dibatasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Meski pelaksanaan tahun ini berbeda dari sebelumnya, namun hal ini tak mengurangi rasa khidmat pada kegiatannya dan tetap berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan,” pungkasnya.

Diketahui, pada kegiatan sebelumnya, Kantor Kemenag Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan kerohanian yang diawali dengan khataman Al-Qur'an, sholat hajat, membaca tahlil, serta mengadakan beberapa lomba diantaranya lomba inovasi pembelajaran, lomba presenter, dan lomba pidato secara virtual.

Diakhir acara turut dilakukan penyematan satya lancana kepada ASN Kankemenag Balangan, penyerahan kenang-kenangan kepada purna tugas, penyerahan sertifikat tanah wakaf, penyerahan ZIS dari Baznas Kabupaten Balangan, penyerahan penghargaan kepada ASN teladan Kankemenag Balangan, serta penyerahan bibit secara simbolis dari KPH Balangan sebanyak 100 bibit.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021