Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kampanye hijau atau pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan Forum Komunitas Hijau (FKH) dengan bersepeda sepanjang 488 kilometer kini kembali ke Banjarmasin setelah menempuh perjalanan selama empat hari.


Dari 27 anggota FKH yang juga anggota komunitas Sepeda Antik Banjarmasin (Saban) bersepeda dalam kampanye tersebut hanya tiga orang yang benar-benar sampai dengan jarak 488 kilometer, yakni haji Zalvi, Haji Hafis dan Parmin, kata Wakil Ketua FKH Banjarmasin saat berada di Banjarmasin, Senin.

Selebihnya, kata Mohamad Ary yang juga ikut rombongan bersepeda tersebut, ada yang hanya sampai di beberapa tempat seperti Martapura, Barabai, atau tempat lain lalu naik mobil, kemudian setelah istirahat di mobil kembali lagi mengayuh sepeda secara bergantian dengan rombongan yang lain.

"Saya saja hanya mampu sekitar 140 kilometer, selebihnya saya ikut naik mobil, dan setelah dekat Banjarmasin kembali bersepeda," kata Mohamad Ary.

Setelah tiba di Banjarmasin rombongan langsung melakukan kegiatan di stasiun Banjar TV dengan wawancara dengan kru setempat, dan rencananya ke rumah tokoh masyarakat Rusdi Effendi AR yang juga dikenal mantan ketua PWI dan wartawan senior yang melepas keberangkatan tim ini empat hari lalu.

Berdasarkan jadwal perjalanan hanya ditempuh selama tiga hari tetapi karena beratnya medan, turun naik gunung, cuaca buruk disebabkan selalu diguyur hujan maka jadwal menjadi empat hari, yakni menginap di Barabai, kemudian di Amuntai dan Binuang.

Dalam perjalanan tim melakukan penanaman pohon penghijauan di pinggir-pinggir jalan yang dilalui, serta di halaman masjid serta membagi-bagikan bibit penghijauan sebanyak 4888 batang kepada pengurus masjid, pelajar sekolah umum dan pesantren.

Bibit yang dibagikan sebagian besar jenis pohon gaharu, kemudian pinang, enau, trambesi dan jenis pohon lainnya yang diharapkan akan menghijaukan lokasi yang dilalui.

Dalam kampanye hijau yang berkaitan dengan HUT Kota Banjarmasin ke-488 tersebut, para pesepeda menempuh perjalanan Banjarmasin-Banjarbaru-Martapura-Binuang-Rantau-Kandangan- Barabai,pada hari Jumat (28/11).

Di Kota Barabai, rombongan menginap dan melakukan penanaman pohon penghijauan sekaligus mengajak masyarskat setempat menanam pohon penghijauan.

Keesokan harinya rombongan melakukan perjalanan lagi dengan bersepeda Barabai-Batumandi- Paringin-Tanjung-Kalua-Amuntai. Lalu menginap di Amuntai kemudian melanjutkan perjalanan Amuntai-Pantai Hambawang-Kandangan-Rantau-Binuang.

Sampai di Binuang karena cuaca buruk tim kembali menginap dan keesokan harinya atau Senin melakukan perjalanan hingga kembali ke Banjarmasin.

Melalui kampanye hijau tersebut FKH Banjarmasin mengajak warga untuk menciptakan kota hijau (green city) dengan delapan atribut yang bisa menciptakan wilayah dengan sebutan ramah lingkungan.

  Atribut-atribut itu adalah tersedianya ruang terbuka hijau, sungai yang dipelihara, pengolahan sampah, energi yang hemat, transportasi tak boros energi, adanya komunitas pecinta lingkungan, serta desain kota ramah lingkungan.   

Pewarta: Oleh Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014