Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - Tim kampanye hijau yang dilakukan Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin dengan bersepeda 488 kilometer serta membagikan bibit tanaman gaharu ke sekolah sekolah.


Seperti saat melewati kota Barabai atau sejauh 165 km, Sabtu, tim yang dipimpin Mohamad Ary menyinggahi sekolah Taman Kanak-Kanak lalu memberikan beberapa bibit gaharu ke anak sekolah yang diharapkan guru atau pengelola sekolah menanamnya bibit tersebut sebagai pohon pelindung di sekolah tersebut.

Menurut Mohammad Ary, anak perlu dikenalkan dengan lingkungan sejak dini hingga kelak mereka menjadi pelestari lingkungan agar bumi ini tak panas seperti sekarang.

Saat itu, tim beranggotakan 30 orang tersebut sempat berdialog dengan anak anak dan para guru intinya agar sama sama pelihara lingkungan dengan baik dan benar.

Kampanye hijau bersepeda tersebut tim membawa 488 bibit tanaman sebagian besar gaharu, kemudian pinang, aren, trembesi dan bibit lainnya.

Kampanye hijau dalam kaitan memperingati hari jadi kota Banjarmasin ke-488 tersebut menempuh perjalanan bersepeda 488 kilometer dari Banjarmasin-Banjarbaru-Martapura-Binuang-Rantau-Kandangan-Barabai.

Sampai di Barabai atau 165 km perjalanan menginap di kota tersebut, kemudian dilanjutkan Barabai-Batumandi-Paringin-Tanjung-Kalua-Amuntai-Kandangan.

Di Kandangan, tim menginap hari ketiga minggu melanjutkan perjalanan Kandangan-Rantau-Binuang-Martapura-Banjarbaru-Banjarmasin.

Selesai kampanye hijau dalam kaitan kota hijau di Kalsel dengan mengenalkan delapan atribut, seperti ruang terbuka hijau, pengolahan sampah, pemeliharaan sungai, transportasi hemat energi, gedung ramah lingkungan dan adanya komunitas pecinta lingkungan.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014