Jelang pergantian tahun 2020 -2021 kemaren ratusan warga Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) beramai-ramai melakukan Swab Tes yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat.

Pelaksanaan Swab 28-31 Desember bertempat di Halaman Dinas Kesehatan Kabupaten HSU diikuti Pegawai Negeri Sipil (PNS/ ASN) dan masyarakat umum 

"Kegiatan Swab test massal gratis ini sebagai upaya pemerintah daerah dan Satgas memutus mata rantai penyebaran COVID-19 apalagi Pemkab HSU sekarang sudah memiliki Laboratorium RT PCR untuk memeriksa langsung hasil Tes Swab," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU  Danu F Fotohena di Amuntai, Selasa.

Danu mengatakan, sebanyak 500 Virus Transport Medium (VTM) sudah disiapkan untuk pelaksanaan swab test tersebut, sehingga diharapkan bisa mencapai target sebanyak 500 orang.

Dijelaskan, VTM merupakan alat untuk menyimpan spesimen sampel lendir dan tenggorokan hasil Swab sebelum diperiksa di Laboratorium dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).
 
Warga dan ASN di Kabupaten HSU, Kalsel, mengantri untuk mengikuti Swab Tes gratis di Halaman dinkes HSU di Amuntai, Rabu (29/12). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Ia juga menerangkan, kegiatan Swab gratis merupakan bagian dari penerapan 3T yaitu  pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment).

"Bila ada warga atau ASN yang terpapar maka akan dilanjutkan dengan pengawasan bagi yang pernah berinteraksi atau kontak erat dengan terduga positip terpapar COVID-19," terangnya.

Sedangkan, bagi yang positip dilakukan penanganan seperti  dikarantina baik secara mandiri maupun tempat Karantina yang di sediakan oleh Pamerintah Daerah. Bagi yang bergejala medis akan di tangani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai.

Salah seorang warga, Madani mengungkapkan alasan mengikuti Swab test karena ingin memastikan kondisi kesehatannya untuk melindungi keluarganya dari terpapar COVID-19.

"Terima Kasih kepada pemerintah daerah yang menyelenggarakan Swab gratis bagi masyarakat, sehingga kami bisa memeriksakan diri," kata Madani.

Sedangkan  Fajeri PNS dari Jajaran Dinas Kesehatan menyatakan alasan mengikuti Swab karena baru menjalani perjalanan dinas luar daerah.

"Saya berharap bisa memotivasi rekan-rekan ASN lain untuk mengikuti Swab juga," katanya.

Kepala DPPKB Hj Anisah Rasyidah mengajak semua karyawan dan staf mengikuti Swab test di Halaman Dinas Kesehatan tersebut.
 
Kepala DPPKB HSU sekaligus Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Melihat antusias masyarakat lumayan besar, target 500 peserta Swab yang disediakan Pemerintah Daerah bisa terlampaui. Anisah berharap layanan Swab gratis bisa diperpanjang setelah tahun baru.

"Masyarakat begitu besar kesadarannya untuk memelihara kesehatan diri dan keluarga dari kemungkinan terpapar COVID-19 sehingga harapannya bisa diperpanjang layanannya ," kata Anisah yang juga Ketua TP PKK HSU.

Anisah menghimbau masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Berdasarkan informasi terakhir dari plt Kepala Dinkes HSU Danu F Fotohena total jumlah warga dan ASN yang melakukan Swab tes hingga hari terakhir Kamis (31/12/2020) total sekitar 600 orang yang menjalani Swab test yang berarti melebihi target semula yang hanya 200 orang

kedepannya, katanya, Dinas Kesehatan HSU berencana akan terus melakukan swab gratis untuk masyarakat di HSU untuk mencegah penyebaran COVID-19, mengingat berdasarkan data dari Dinas Kesehatan HSU dari 23 November sampai 23 Desember ada tren peningkatan yang cukup signifikan.

"Harapannya dengan salah satu upaya seperti ini bisa menekan terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di HSU," pungkasnya.

Video berita terkait :  

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021