PLt Kantor Kementerian Agama Tabalong, H Mustafa Inani mengatakan sebanyak 38 santri asal Tabalong mengikuti Musabaqah Qiratil Kutub tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, 9 hingga 12 Mei 2011 di Kota Banjarbaru.

 

“Para santri yang mengikuti Musabaqah Qiratil Kutub berasal dari sejumlah pesantren dan melalui even ini diharapkan meningkatkan kecintaan kita terhadap kitab-kitab rujukan berbahasa Arab,” jelas Mustafa, di Tanjung Senin (9/5).

 

Para peserta MQK sendiri dilepas oleh Sekretaris daerah, Drs Abdel Fadillah, di aula kantor kementerian agama Tabalong.

 

Untuk mendukung para santri yang mengikuti SQK di Pondik Pesantren Darul Ilmi, Liang Langgang, Banjarbaru, pemerintah daerah memberikan bantuan sebesar Rp15 juta.

 

“Sebagai kabupaten yang dikenal religius, tentunya kegiatan MQK bisa jadi ajang untuk memperdalam pemahamanan serta kecintaan akan kitab berbahasa Arab,” ujar Abdel.


Para santri juga diharapkan bisa mengemban misi daerah untuk tetap menjaga kebersamaan serta membuktikan kalau masyarakat Tabalong merupakan masyarakat yang agamis.

”Terpenting lagi para santri bisa mengaplikasikan pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan bukan sekadar mempelajarinya,” tambah Abdel.(mia*C)


Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011