Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Perusahaan Listrik Negara Cabang Kotabaru, Kalimantan Selatan, berencana mengoperasikan sedikitnya empat unit genset bergerak (mobile genset), untuk mendukung peringatan Hari Nusantara ke-14 di Kotabaru 13 Desember 2014.


Asisten Manager Teknik Energi PT PLN Area Kotabaru Sigit Tri, di Kotabaru, Kamis mengatakan, genset bergerak itu didatangkan dari Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Banjar.

"Tidak menutup kemungkinan, genset mobil yang ada di beberapa kecamatan di Kotabaru, juga akan ditarik untuk mendukung kegiatan-kegiatan Hari Nusantara," ujarnya.

Seperti pembangkit listrik tenaga diesel di Pudi, Kelumpang Utara, Tanjung Batu, Kelumpang Tengah, dan beberapa PLTD lainnya.

"Bahkan apabila dirasa masih kurang, tidak menutup kemungkinan PLN juga akan mendatangkan genset bergerak dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah," terangnya.

Dia menjelaskan, masing-masing genset bergerak yang akan dioperasikan nanti memiliki kapasitas 40 KVA - 250 KVA.

Dikatakan, genset mobile atau genset bergerak itu sifatnya hanya sebagai beck up apabila sewaktu-waktu terjadi pemadaman mendadak, atau lokasi kegiatan yang tidak ada jaringan listrik dari PT. PLN.

Sigit menerangkan, untuk melayani pelanggan di wilayah perkotaan, yang jumlahnya sekitar 40.000 pelanggan, PLN Cabang Kotabaru mengoperasikan mesin pembangkit sewa dari PT. Kaltimex berkapasitas sekitar 1,5 MW.

"Ditambah dengan mesin pembangkit sendiri, dan dari mesin sewa dari PT Kaltimex, kapasitas daya total sekitar 12 MW, untuk melayani 40.000 pelanggan," paparnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014