Aplikasi Berantas Kebakaran Hutan dan Lahan (Bekantan) dan Internal Control System (ICS) berhasil membawa Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalimantan Selatan meraih predikat zona integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

"Alhamdulilah dari enam komponen pengungkit termasuk dua andalan aplikasi Bekantan dan ICS meraih nilai terbaik hingga penghargaan WBBM kami terima tahun ini dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel AKBP Budi Hermanto di Banjarmasin.

Raihan prestasi WBBM inipun menjadi satu-satunya satuan kerja di jajaran Polda Kalsel hingga Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengaku bangga atas pencapaian tersebut.

Aplikasi Bekantan menjadi sarana masyarakat ikut berperan aktif dalam upaya mencegah dan menanggulangi karhutla. Melalui aplikasi ini, dipastikan seluruh anggota Polda Kalsel selalu aktif dan siaga melakukan pencegahan sekaligus penanggulangan titik api. Karena personil seketika mendapatkan notifikasi jika ada laporan masyarakat di wilayahnya terjadi karhutla.

Sementara ICS merupakan aplikasi untuk kontrol pengawasan internal dari pimpinan terhadap penyidik yang melakukan tahap penyelidikan dan penyidikan. Sehingga proses lidik dan sidik berjalan transparaan.

"Inilah inovasi yang dibuat dan diaplikasikan secara maksimal oleh seluruh anggota demi pelayanan publik yang semakin baik. Begitu juga dalam penerapan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, kami sangat ketat," tutur Buher, sapaan akrab Budi Hermanto.

Setelah mendapatkan WBBM, ditegaskan Buher kultur dan pola pikir seluruh anggota benar-benar harus menampilkan sosok polisi yang melayani dan berusaha memberikan yang terbaik bebas pungutan liar dan tindakan di luar ketentuan lainnya.

"Bagi anggota sendiri, mereka kini  mendapatkan tunjangan kinerja berbeda dengan satuan kerja yang belum meraih WBBM. Untuk itu, apresiasi dari negara ini harus dibalas dengan kinerja terbaik melayani masyarakat," pungkas Buher.

Penyerahan piagam penghargaan WBBM secara simbolis diterima Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Pol Masrur melalui acara virtual Zoom Meeting yang turut dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin pada Senin (21/12).   

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020