Tanjung, Kalsel,(Antaranews Kalsel) - Sekolah Dasar Negeri (SDN)Manduin Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, meraih predikat terbaik lomba perilaku hidup bersih dan sehat tingkat kabupaten dalam rangka hari kesehatan nasional ke-50.


Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Syarifuddin Baseri di Tanjung, Rabu mengatakan SDN dari hasil penilaian tim meraih peringkat pertama untuk tatanan sekolah sedangkan untuk tatanan rumah tangga peringkat pertama diraih Desa Tanta Hulu Kecamatan Tanta.

"Perilaku hidup bersih dan sehat juga perlu diterapkan di lingkungan sekolah karena itu melalui lomba ini bisa memotivasi para guru atau siswa untuk menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat," jelas Syarifuddin.

Perilaku hidup bersih dan sehat yang menjadi kriteria penilaian dalam lomba PHBS diantaranya kebiasaan mengonsumsi jajanan sehat, mencuci tangan serta membuang sampah pada tempatnya.

Termasuk pula kegiatan olahraga di sekolah, mengukur tinggi badan dan berat badan serta menghindari rokok.

Syarifuddin menambahkan untuk lomba PHBS tingkat provinsi 2013 Tabalong diwakili Desa Puain Kanan Kecamatan Tanjung.

Selain menggelar lomba PHBS tatanan sekolah dan rumah tangga, memeriahkan hari kesehatan nasional ke-50 Dinas Kesehatan Tabalong juga melakukan penilaian desa usaha perbaikan gizi keluarga dan hasilnya Desa Mantuil Kecamatan Muara Harus meraih predikat terbaik.

Ada pula penilaian kinerja puskesmas dengan hasil terbaik UPT PKM Murung Pudak dan tenaga kesehatan masyarakat teladan diraih Eti Wiyani dari Puskesmas Upau.

Sedangkan pemenang lomba sekretariat TP UKS kecamatan serta lomba sekolah sehat diraih Kecamatan Muara Harus

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014