Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dinobatkan sebagai 10 besar kabupaten terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA), dalam acara penyerahan penghargaan IGA 2020, di Hotel Sultan jakarta.

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan bersyukur dan mengucapkan selamat untuk Bupati HSS H Achmad Fikry, seluruh pihak yang terlibat, dan seluruh warga HSS,penghargaan memang bukan tujuan utama, tapi itu pertanda bahwa proses pembangunan mengarah dengan benar.

"Terima kasih juga untuk Bapak Bupati HSS kami dipercaya untuk menerima kan penghargaan yang bergengsi ini dalam skala nasional, kita bisa berdiri sejajar dengan kabupaten lain di Indonesia, Alhamdulillah, Bravo HSS," katanya, usai menerima penghargaan IGA mewakili Bupati HSS, Jum'at (18/12) kemarin.
 
Penghargaan IGA tahun 2020 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pemkab HSS raih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

Dijelaskan dia, IGA merupakan penilaian dan penghargaan tahunan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada pemerintah daerah, atas keberhasilannya dalam melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

IGA 2020 diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP), dengan rangkaian panjang dalam proses penilaian penentuan pemenangnya hingga puncaknya pada acara penyerahan penghargaan IGA 2020.

Setelah proses penilaian, Kabupaten HSS masuk dalam 10 besar kabupaten terinovatif di Indonesia, dan ke depan diharapkan HSS makin inovatif dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik, daya saing daerah yang meningkat dan pertumbuhan ekonomi yang mensejahterakan masyarakat.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan penghargaan IGA dari Kementrian Dalam Negeri diterima Wakil Bupati HSS, HSS masuk 10 besar di Indonesia dan ini merupakan penghargaan yang kedua.
 
Penghargaan IGA tahun 2020 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Warung BUMDes dan WC Tripikon jadi inovasi dua desa di wilayah Daha

"Tadi malam saya mendengar arahan Bapak Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, isinya semangatnya sama dengan kita, jangan pemda bekerja seada-adanya apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, pemda perlu terobosan-terobosan," katanya. 

Menurut dia, bersyukur bahwa mendagri mengatakan bahwa daerah daerah yang terinovatif ini akan diusulkan ke kementrian keuangan untuk mendapatkan dana intensif, dan ini yang sering pihaknya katakan, prestasi bukan hanya untuk penghargaan tetapi terus bekerja dan bekerja memberikan yang terbaik.

Dan ketika penghargaan datang, tentunya disyukuri dan diharapkan nanti tahun 2021 bisa diraih kembali, maka upaya-upaya dalam meningkatkan pendapatan intensif daerah tidak harus membebani rakyat, cukup dengan berprestasi maka bisa mendapatkan dana intensif daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020