Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahkan secara simbolis beragam program Bantuan Sosial (Bansos) dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2020, untuk dua kecamatan, yakni Daha Selatan dan Daha Barat.

Ia mengatakan, Pemerintah daerah berupaya terus agar para masyarakat secara perlahan memperoleh kehidupan yang lebih layak, karena dananya juga terbatas maka orangnya yang menerima juga dipilih dan sangat membutuhkan.

"Apabila mereka bisa memenuhi keperluan hidupnya untuk makan, khususnya beras maka dari itu pemerintah daerah mengeluarkan program beras sejahtera," katanya, di Daha Selatan, Senin (14/12).

Baca juga: Bupati HSS : PRS telah bedah 4.583 unit rumah sejak tahun 2014

Dijelaskan dia, warga juga akan sejahtera selain beras terpenuhi untuk makan sehari-hari dan juga rumahnya juga layak huni, sudah tahun ketujuh pihaknya sudah berusaha maksimal supaya tidak ada masyarakat yang tidak bisa makan karena keterbatasan ekonomi.

Bagi masyarakat yang sudah lanjut usia yang tidak bisa berusaha di Kabupaten HSS maka akan diberikan jaminan hidup sebesar Rp225.000,-. per bulan, bagi orang yang sudah lanjut usia tetapi anaknya mampu maka tidak akan bisa mendapatkan bantuan tersebut.

Kalau anaknya juga tidak mampu maka pemerintahlah yang membantu, dan juga kembali pihaknya menyerahkan bantuan kepada anak-anak yatim agar mereka bisa bersekolah.

Baca juga: BST diperpanjang sampai Desember, nominalnya berkurang jadi Rp300 ribu

"Kami menghimbau kepada para orang tua jangan memberikan uang jajan anak ke sekolah, karena mereka tidak ada kesempatan untuk bermain ataupun berbelanja," katanya.

Ditambahkan dia, cukup di dalam kelas dan belajarnya pun juga tidak lama hanya cukup dua jam saja dan juga harus pakai masker dan pergi atau pulangnya pun harus dijemput orang tuanya. Hal dilakukan supaya tidak ada penularan COVID-19 kepada para murid di Sekolah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020