Adaro melalui program Indonesia Bright Future Leaders (IBFL) bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat terus berkomitmen melakukan pembinaan kepada mahasiswa khususnya penerima beasiswa IBFL-ULM meskipun di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

 IBFL adalah program beasiswa Adaro-ULM dengan jumlah peserta 230 mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di 12 kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan dan enam kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

Salah satu wujud komitmen Adaro untuk pembinaan mahasiswa tersebut melalui webinar pengembangan soft skill. Adaro memberikan perhatian besar bagi pengembangan soft skill mahasiswa.

 Faktor ini diyakini cukup berperan penting dalam menghadapi dunia kerja.

Salah satunya Public Speaking yaitu kemampuan untuk berkomunikasi secara langsung kepada orang lain dengan efektif dan percaya diri.

 CSR Department Head Adaro Energy, Zuraida Murdia Hamdie mengatakan, public speaking adalah skill yang sangat penting dalam merubah nasib kita sendiri maupun nasib orang lain. “Melalui public speaking yang efektif kita bisa mengemukakan gagasan dan mencapai tujuan", tutur Zuraida saat membuka acara webinar Mahasiswa IBFL pada Jum’at (11/12).

Webinar Public Speaking yang bertajuk “ Speak With Confident” dengan Narasumber Novaria Maulina S.I.Kom,M.I.Kom doses Ilmu Komunikasi ULM dan peserta kurang lebih 195 Mahasiswa ini berjalan efektif dan sangat seru.

Pertama, mahasiswa dimotivasi untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya, jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan menolak kesempatan yang ada.

 Selanjutnya mahasiswa juga diajak berpikir dan berbicara secara sistematis, mulai dari opening, content dan closing.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
 Narasumber juga memberikan contoh cara opening yang baik, content yang efektif dan closing yang menarik.

Selain itu juga mahasiswa dibekali dengan tips dan trik untuk menaklukkan audience dengan mapping, profiling, cek dan ricek, senyum, rileks dan yang pasti harus Real Practice, Practice & Practice.

“Taklukkan lah dirimu, lalu baru kamu bisa menaklukkan audiens," ujar Nova.

Terakhir, beberapa peserta langsung mempraktikkan mengasah kemampuan public speakingnya, kemudian dilakukan evaluasi bersama serta input dari narasumber.

Melalui Webinar ini, Adaro dan ULM berharap mahasiswa penerima Beasiswa IBFL-ULM tidak hanya excellent di bidang akademik namun ke depannya dengan penguasaan public speaking mereka juga terasah untuk leadership skill, social skill serta life and career skill.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020