Tiga Bank Sampah binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) meraih penghargaan sebagai Bank Sampah terbaik se - Kabupaten Tabalong 2020.

Penghargaan tersebut diberikan pada acara peningkatan kinerja Adipura dan pengelolaan sampah yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Selasa (8/12).

 Sebagai bentuk apresiasi kepada para pegiat sampah yang telah melakukan pengelolaan sampah dengan baik.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tabalong Ke-55. Ketiga bank sampah tersebut yakni Bank Sampah Anggrek Desa Kuranji sebagai Juara ke-2, Bank Sampah Maluyung Bersinar Komplek Maluyung sebagai juara ke-3 dan Harapan 2 Bank Sampah Sumber Berkah Gunung sari. Bank Sampah Anggrek dan Maluyung Bersinar merupakan binaan YABN sejak 2017 hingga tahun 2019.

Kedua bank sampah tersebut menunjukkan peningkatan pengelolaan sampah yang sangat pesat. Sebagai mana diketahui kedua Bank Sampah tersebut mendapatkan penghargaan ini selama empat tahun berturut-turut.

 “ Alhamdulillah keenpat kalinya kami mendapatkan penghargaan ini," ungkap Direktur Bank Sampah Anggrek, Tuti.

Saat ini di Bank Sampah Anggrek terdapat 155 nasabah dengan rata - rata pengelolaan sampah per bulan 300 hingga 1000 kilogram.

“Semua pencapaian ini atas kerja sama kader dengan masyarakat Desa Kuranji khususnya dan semua pihak, atas dukungan kalian kami masih bisa exis menjaga lingkungan," tutur Tuti.

Lebih lanjut Ia menyampaikan pengurus Bank Sampahnya akan tetap semangat berkarya dan berkerja walaupun terkadang masih ada orang-orang yang tidak menghargai.

“Karena kami kerja untuk lingkungan yang bersih dan hijau serta jiwa sosial, tetap semangat walau COVID-19 belum berakhir," tegasnya.

 Hal senada juga diungkapkan Direktur Bank Sampah Maluyung Bersinar, Ika Fatma Riyanti,.

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian ini dan berharap bank sampah Maluyung bersinar makin maju dan berkembang serta selalu menyadarkan masyarakat tentang pengelolaan sampah”," jelas Ika.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Bank Sampah Maluyung bersinar yang pembentukannya diinisiasi YABN pada 2017, sejak tahun awal berdiri hingga 2020 selalu mendapatkan penghargaan bank sampah terbaik.

 “Pencapaian ini berkat YABN yang selalu memberikan dukungan dan pendampingan kepada Bank Sampah," tambah Ika.

Bank sampah lainnya yang juga mendapatkan penghargaan tahun ini adalah Sumber Berkah, yang merupakan Bank Sampah binaan YABN tahun 2019, semangat para ibu pengurus bank sampah ini sangat luar biasa, dengan segala keterbatasannya namun tetap aktif dan semangat mengajak warga sekitar untuk mengelola sampah.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020