Calon Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) nomor urut 4, H Saban Effendi, menyampaikan untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten HST, maka jika terpilih akan melaksanakan langkah-langkah konkret, seperti melaksanakan standar pelayanan minimal (SPM).

Melalui SPM ini, maka dinas dan instansi terkait di HST wajib menerapkan pelayanan dasar kepada masyarakat. Selain itu, jpihaknya juga  mengoptimalkan pelayanan di kecamatan sebagai pelaksana pelayanan administrasi terpadu di kecamatan.

Baca juga: Alamsyah : Rp330 miliar disiapkan untuk pembangunan kanal banjir HST

Pellaksanaan SPM tersebut, akan didukung kebijakan anggaran, yang  berorientasi kepada optimalisasi pelayanan administrasi terpadu, sehingga masyarakat di desa atau kelurahan tidak perlu lagi untuk mendapatkan pelayanan administrasi dengan tidak harus datang ke kabupaten, hanya cukup di kecamatan.

Ini akan dapat menjadi solusi pelayanan administrasi untuk masyarakat, pihaknya pun berencana membangun pusat pelayanan publik terpadu, untuk mengintegrasikan seluruh pelayanan publik yang ada di Kabupaten HST dalam satu tempat.

Calon Wakil Bupati HST H Abdillah Alaydrus, mengatakan apabila terpilih, pihaknya akan mengambil langkah-langkah nyata dalam percepatan penanganan COVID-19 di Kabupaten HST, antaralain dengan mengoptimalkan peran serta ulama dan tokoh masyarakat dalam dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Pencegahan COVID-19, Relawan SABIL bagaikan masker untuk masyarakat

Selanjutnya, melakukan segmentasi pembiayaan penanganan COVID-19 dengan melalui APBD yang disinergikan dengan dana desa dengan dana APBDes, yaitu dapat ditangani oleh sistem dan aturan yang berlaku dan koordinasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 di Kabupaten HST.

"Terakhir dalam hal ini kita ingin melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pusat, terkait dengan pengadaan vaksin yang nantinya bisa akan disebarkan secara gratis kepada masyarakat HST," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020