Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali kunjungan kerja (Kunker) ke luar daerah sesudah bulan lalu banyak melakukan kegiatan serupa, kecuali daerah tujuan yang berbeda.

Oleh karenanya dari Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, Rabu melaporkan, pada "Rumah Banjar" (Gedung DPRD Kalsel) tampak tidak ada kegiatan para wakil rakyat tingkat provinsi yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalsel Drs H Antung Mas Rozaniasyah yang akrab dengan sapaan Nunung itu membenarkan Kunker anggota Dewan tersebut ke luar daerah.

"Kunker ke luar daerah anggota DPRD Kalsel tersebut merupakan kegiatan Panitia Khusus (Pansus) empat buah Raperda yang kini sedang mereka bahas," ujarnya menjawab Antara Kalsel.

"Tetapi dari keempat Pansus tersebut dua di antaranya studi komparasi dan duanya lagi bersifat konsultasi ke Kementerian terkait," lanjut laki-laki berkumis tipis dan akrab dengan wartawan itu.

Ia menerangkan, Pansus membahas Raperda tentang Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) pada pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel diketuai H Hasanuddin Murad SH dari Partai Golkar studi komparasi ke Jawa Tengah (Jateng).

Kemudian Pansus II membahas Raperda tentang Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan di Kalsel diketuai Akhmad Rozanie Himawan Nugraha dari Partai NasDem konsultasi ke Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Jakarta.

Pansus III DPRD Kalsel membahas Raperda tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut diketuai H Gusti Abidinsyah SSos, MM dari Partai Demokrat studi komparasi ke Jawa Barat (Jabar).

Sedangkan Panusus IV membahas Raperda tentang Perlindungan Masyarakat Lanjut Usia di Kalsel diketuai Dr H Abd Hasib Salim MAP dari PDIP konsultasi ke Kementerian Sosial Republik Indonesia di Jakarta.

"Kunker Pansus/anggota DPRD Kalsel ke luar daerah provinsi tersebut selama tiga hari sejak 1 Desember lalu," demikian Nunung.

Sebelumnya atau November lalu anggota DPRD Kalsel dalam melaksanakan tugas-tugas kedewanan lebih banyak Kunker ke luar provinsi daripada mengunjungi dalam daerah sendiri.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020