Memasuki awal bulan Desember, Selasa (1/12), ditandai peningkatan kasus aktif menyusul penambahan lima pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dari Kecamatan Alalak.

Dengan tambahan lima orang, maka total kasus aktif di Kabupaten Barito Kuala (Batola) menjadi 32 orang.

"Hari ini terjadi penambahan lima pasien konfirmasi positif. Sedangkan pasien sembuh satu orang," tutur Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Kasus COVID-19 Batola Hj Azizah Sri Widari, di Marabahan.

Wanita ramah itu mengutarakan, lima pasien positif baru berasal dari Kecamatan Alalak ini masing-masing dialami Btl-777 (wanita) 26 tahun), Btl-778 (wanita 40 tahun), Btl-779 (wanita 21 tahun), Btl-780 (laki-laki 31 tahun) dan Btl-781 (wanita 49 tahun).

"Kelima pasien yang sebelumnya berstatus kontak erat itu kini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," katanya.

Sementara satu pasien sembuh, lanjut Azizah, berasal dari Kecamatan Barambai. Wanita berusia 27 tahun berkode Btl-762 itu sebelumnya dirawat di Karantina Bapelkes Banjarbaru.

Azizah yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu menyatakan, dengan tambahan baru, maka total kasus konfirmasi di Bumi Ije Jela menjadi 779 orang yang terdiri dari pasien sembuh 734 orang (94,22 persen), meninggal dunia 13 orang (1,67 persen) dan kasus aktif 32 orang (4,11 persen).

"Dari 32 kasus aktif ini terdapat 23 orang menjalani isolasi mandiri sedangkan sembilan orang lainnya dirawat masing-masing di RS Islam Banjarmasin satu orang, di Karantina Bapelkes Banjarbaru tiga orang dan di Karantina SKB Marabahan satu orang," urainya.

Azizah menambahkan, di Batola juga terdapat kasus suspek 15 orang, satu kasus probable, dan 60 kasus kontak erat.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020