Bupati Banjar Khalilurrahman beserta istri Raudhatul Wardiyah melakukan penanaman bibit pohon Bungur di halaman Pendopo Bupati Banjar dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia 2020.

Penanaman bibit pohon dilakukan bupati, Sabtu (28/11) dengan tujuan memulihkan kerusakan hutan dan lahan sehingga masyarakat diminta turut berpartisipasi meningkatkan kepedulian kelestarian lingkungan.

"Penanaman bibit pohon ini sebagai wujud partisipasi dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan masyarakat diharapkan ikut berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya," ujar bupati.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar Boyke Wahyu Tristiyanto mengatakan, Hari Menanam Pohon Indonesia merupakan kegiatan rutin Kementerian LH dan Kehutanan yang diperingati setiap 28 November.

"Tahun lalu kegiatan dilaksanakan di Kawasan Lingkar Selatan dan tahun ini dilakukan penanaman pada 3 titik, yakni Lingkar Selatan, dalam Kota Martapura di Jembatan Kembar, serta Pendopo Bupati Banjar," ungkapnya.

Dikatakan, penanaman bibit pohon Bungur dipilih karena usia hidupnya lama sehingga dapat dinikmati 10 hingga dua puluh tahun akan datang, dan pohon peneduh itu dapat dirawat generasi penerus.

Ditambahkan, penanaman bibit pohon melibatkan sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan perusahaan lainnya dan penanaman yang dilakukan dilaporkan ke Dinas LH Kabupaten Banjar.

"Saya berharap penanaman pohon lebih banyak, karena tutupan lahan eks tambah belum menggembirakan dan diharapkan perusahaan melakukan reklamasi dan revegetasi sesuai aturan dan ketentuan," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020