Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Perum Kantor Berita Indonesia Antara melalui Antara TV menjalin kerja sama dengan sejumlah televisi siaran dan TV channel untuk lokal Provinsi Kalimantan Selatan.


Kerja sama itu ditandai penandatanganan naskah kerja sama antara Direktur Utaram (Dirut) Perum Antara dengan pimpinan sejumlah televisi siaran lokal dan TV Channel tersebut, di Swiss-belHotel Borneo Banjarmasin, Jumat.

Naskah Kerja sama itu untuk penanyangan berita dan features produksi ANTARA TV dengan Televisi Siaran dan TV Channel di Kalsel, yang penandatangannya juga disaksikan Karo Humas Pemprov setempat H Haris Makkie.

Dirut Perum Antara H Saiful Hadi mengatakan, kerja sama Antara TV dengan TV lokal dan TV Channel hingga saat ini sudah mencapai 50 stasiun.

Kerja sama tersebut, menurut dia, sebagai upaya membina dan memberdayakan tv-tv lokal/di daerah agar bisa mendapatkan berita-berita nasional secara langsung.

Tujuan kerja sama tersebut juga tiada lain agar media di daerah tidak terlalu jauh lagi mencari berita nasional, namun melalui ANTARA TV pendistribusian berita nasional sudah bisa mendapatkannya.

"Penayangan berita-berita nasional di ANTARA TV dapat dinikmati mulai pukul 17:00 hingga 24:00 WIB. Terutama features, serta berita-berita demokrasi, olahraga dan pariwisata," ujarnya.

Selain melakukan kerja sama dengan sejumlah TV lokal, jelas dia, ANTARA TV juga bekerja sama dengan TV BARNAMA milik Kantor Berita Malaysia, dalam acara "Halo Jakarta dan Halo Malaysia".

"Tayangan Halo Jakarta yang ditayangakn ANTARA TV durasi selama 30 menit dan ditayangkan seminggu sekali. Begitu juga tayangan TV BARNAMA, Halo Malaysia, ditayangkan seminggu sekali dengan durasi 30 menit," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, saat ini ANTARA TV juga sedang menjalin hubungan kerja sama dengan stasiun TV Australia, dimana program acaranya dinamakan Salam Jakarta.

"Saya berharap kerja sama yang sudah dilakukan dapat berjalan dengan baik dan mampu memberikan berita-berita menarik bagi pemirsa stasiun TV lokal di daerah ini," tegasnya.

Sementara, Dirut Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Tapin TV, Novita Handrianisari mengungkapkan, kerja sama ANTARA TV dengan LPPL Tapin TV dalam penyediaan berita dan features.

"Banyak manfaat dari kerja sama pemberitaan tersebut dan tentunya memberikan banyak manfaat informasi kepada masyarakat Kabupaten Tapin, Kalsel," ucapnya.

Ia berharap, kerja sama yang sudah dilakukan ANTARA TV dengan LPPL Tapin TV, tentunya berlanjut terus menerus. 

Harapan dan sambutan senada juga dari pimpinan Pemkab HSU TV Channel, dan Amaco TV Channel Banjarbaru dari wirausaha/swasta.

Pemkab HSU TV Channel milik pemerintah kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalsel, yang sebelumnya Amuntai TV (Amuntai nama ibu kota kabupaten) sebagai televisi siaran, dalam perkembangnnya berubah menjadi televisi. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014