Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi menyampaikan sasaran vaksin COVID-19 untuk warga di kota ini yang sudah terdata sebanyak 427.689 orang.

Menurut Machli di Banjarmasin, Kamis, pihaknya menyikapi rencana pemerintah pusat untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19, Dinkes Kota Banjarmasin sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Sudah menghitung jumlah sasaran yang akan di vaksin di Banjarmasin itu kurang lebih 427.689 orang dengan sel dilakukan barangkali secara bertahap," ujarnya.

Dia menyampaikan vaksinasi dengan jumlah ratusan ribu tersebut tidaklah mudah, sebab petugas kesehatan yang dimiliki terbatas.

"Karena keterbatasan petugas pelaksana imunisasi di daerah kita minum," ucapnya.

Karena kondisi tersebut, papar Machli Riyadi, pihaknya mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar vaksinasi tersebut bisa berjalan lancar nantinya.

"Bahkan kami melibatkan tokoh agama untuk mendukung rencana kegiatan ini," bebernya.

Sebab ini penting dilakukan, kata dia, karena banyak isu-isu negatif terhadap vaksinasi ini, imbasnya akan merugikan masyarakat, sebab vaksinasi ini untuk kesehatan dari tertularnya virus corona atau COVID-19.

"Masyarakat Banjarmasin pada prinsipnya kebanyakan siap menerima vaksin ini," tegasnya.

Dari data Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Kalimantan Selatan pada 25 November 2020, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Banjarmasin sudah sebanyak 3.620 orang, sembuh sebanyak 3.263 orang, masih dirawat 188 orang dan meninggal dunia sebanyak 169 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020