Pelaihari, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Kepala sekolah atau calon kepala sekolah di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan mendapat pembekalan mengenai pengelolaan keuangan, di Pelaihari (ibu kota kabupaten), Rabu.


Wakil Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta mengatakan, pelatihan dan pendidikan pengelolaan keuangan sekolah, untuk memberikan pemahaman kepada kepala sekolah atau calon kepala sekolah tentang pengelolaan keuangan.

"Dengan adanya pembelajaran, pelatihan dan pendidikan seperti ini akan memberikan pemahaman kepada kepala sekolah atau calon kepala sekolah, secara garis besar berkaitan pengelolaan keuangan," ujarnya saat pembekalan tersebut.

Orang nomor dua di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) tersebut berharap, bila masih ada yang tidak paham dalam pengelolaan sekolah, peserta bisa bertanya langsung kepada pemberi materi.

"Mudahan-mudahan dengan pelatihan dan pendidikan ini, kepala sekolah bisa menata dan mengelola keuangan di sekolah, begitu juga menata belanja yang diberikan pemerintah bisa di gunakan dengana baik, agar berguna bagi sekolah," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, pelatihan dan pendidikan juga diharapkan dapat membantu pengelolaan dana batuan operasi sekolah (BOS), sehingga penggunaannya benar-benar tepat sasaran.

Terpisah, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Tala Firmasyah mengatakan, tujuan pendidikan dan latihan pengelolaan keuangan tersebut untuk memberikan bekal terhadap para kepala sekolah atau calon kepala sekolah dasar di lingkungan Pemkab setempat.

"Dari pendidikan dan pelatihan tersebut diharapkan peserta dapat memiliki kemampuan di bidang manajemen keuangan sekolah, sehingga dapat dibukukan secara transparan dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program sekolah secara efektif dan efisiensi," terangnya.

Selain itu, sebut dia, pentingnya pendidikan dan pelatihan pengelolaan keuangan tersebut agar penggunaan keuangan sekolah benar-benar tepat sasaran, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah, dan meminimalkan anggaran sekolah.

"Saya berharap kegiatan ini memberikan manfaat bagi kepala sekolah dalam pengelolaan keuangan sekolah di Kabupaten Tanah Laut," tandasnya.

  Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Sekolah angkatan IV tersebut dengan pola kemitraan antara Pemkab Tala dengan Badan Diklat Provinsi Kalimantan Selatan.   

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014