Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu memimpin pembersihan sepanjang aliran sungai dan kawasan hutan kota untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. 

Aksi kebersihan yang dilakukan Pjs wali kota mulai dari pembersihan aliran Sungai Rimba di Kecamatan Landasan Ulin, pembersihan kawasan wisata Hutan Pinus dan terakhir di Sungai Kemuning, Kamis.

"Kami ingin lingkungan sungai bersih sehingga kita semua terhindar dari bencana seperti banjir akibat aliran sungai tersumbat sampah dan juga menciptakan kebersihan hutan kota demi kenyamanan," ujar Pjs wali kota.

Menurutn Bernhard, aksi kebersihan yang dilakukan bertujuan membangun kesadaran masyarakat untuk selalu menggelorakan dan menjadikan gaya hidup bersih dan sehat agar terhindar dari serangan penyakit.

Sementara itu, kegiatan yang diikuti unsur Forkopimda dikoordinir Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru bekerja sama dengan anggota BPBD Banjarbaru, personel TNI/Polri serta melibatkan pegawai kelurahan. 

Pembersihan Sungai Kemuning dibagi beberapa zona yakni Zona 1 mulai dari Jembatan Jalan Sungai Besar sampai ke lokasi Jembatan Samping Pabrik Tahu Jalan Intansari (Titik kumpul di Jembatan Sungai Besar).

Kemudian, Zona 2 petugas bergerak dimulai Jembatan samping Pabrik Tahu Jalan Intansari sampai ke Jembatan Jalan Kemuning (Titik kumpul di Jembatan samping pabrik tahu Jalan Intansari.

Selanjutnya, Zona 3 mulai dari Jembatan Jalan Kemuning sampai ke Jembatan Al Mansur (Titik kumpul di Jembatan Jalan Kemuning), dan Zona 4 mulai dari Jembatan Al Mansur sampai ke Jembatan Kembar Km 33.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020